Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Istiqlal

JAKARTA I KSOL — Ustadz Yusuf Mansur bakal menjadi khatib pada salat Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijiriah di Masjid Istiqlal yang digelar, Minggu (11/8).

“Untuk salat, khatibnya ustaz Yusuf Mansyur, imamnya ustaz Ahmad Husni Ismail,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam saat dikonfirmasi, Sabtu (10/8).

Dijelaskam Abu, pemilihan Yusuf Mansur menjadi khatib merupakan usulan dari Kementerian Agama yang direkomendasikan oleh Dirjen Binmas Islam.

“Kalau khatib kami menunggu usulan, kalau imam kami yang usulkan,” ujarnya.

Abu menyampaikan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan dimulai pukul 07.00 WIB. Tahun ini, kata Abu, tema yang diangkat adalah berkurban untuk kesejahteraan umat.

Lebih lanjut, Abu mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan salat Idul Adha di Istiqlal agar datang menggunakan kendaran umum. Hal itu lantaran di area parkir masih terjadi proses renovasi.

“Saya imbau untuk yang ingin salat Idul Adha di Istiqlal gunakan kendaraan umum lebih enak,” ucap Abu.

Meski begitu, disampaikan Abu, pihaknya juga telah menyiapkan kantong parkir yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memarkir kendaraanya. Kantong parkir itu berlokasi di sekitar Lapangan Banteng, depan Hotel Borobudur, depan Gedung Pertamina, serta di Gereja Katedral.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada 2 Agustus 2019. Dengan ditetapkannya besok sebagai awal bulan Zulhijah maka, maka dipastikan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1440 hijriah.

Penetapan 1 Zulhijah ini berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

“Kami putusakan 1 zulhijah hari Jumat tangga 2 Agustus 2019 dengan begitu bahwa 10 Zulhijah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada ahad tanggal 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat malam ini dalam rangka penetapan satu Zulhijah,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin di Gedung Kemenag, jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

TEKS : CNN INDONESIA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com