Tips Hilangkan Minyak pada Wadah dan Piring Kotor

Jakarta, KSOL — Usai puas menikmati menu makanan khas Lebaran tahun ini, satu pekerjaan rumah yang cukup menjadi tantangan yakni membersihkan peralatan dapur serta wadah dan piring-piring kotor.

Makanan-makanan khas Lebaran yang hampir didominasi makanan berbumbu dan berlemak menjadikan noda minyak sebagai ‘musuh utama’ saat bersih-bersih.

Untuk memudahkan bersih-bersih, berikut sejumlah cara mengatasi minyak membandel dengan cepat dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur.
Garam

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan noda minyak dan lemak dengan garam. Pertama, taburi garam ke peralatan dapur dan piring yang berminyak atau berlemak dan biarkan sebentar. Setelah itu cuci dan bilas hingga bersih.

Cara lainnya yakni gunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Lalu bersihkan peralatan menggunakan kain yang dibasahi dengan air garam tersebut. Ulangi proses itu hingga noda menghilang.

Lemon

Gosokkan irisan lemon pada peralatan dapur dan piring kotor hingga semua minyak dan lemak terangkat, setelahnya cuci dan bilas hingga bersih.

Namun untuk hasil sempurna, usai menggosokkan lemon pada peralatan dapur dan wadah lainnya, ada baiknya biarkan selama satu sampai dua hari di bawah sinar matahari. Kombinasi dari lemon dan sinar matahari disebut dapat menghilangkan noda yang membandel dan membunuh bakteri yang menempel.


Lemon bermanfaat untuk menghilangkan noda minyak pada peralatan masak. (Raw Pixel)

Cuka Putih

Cuka putih tidak hanya mampu membersihkan noda, tapi juga membunuh bakteri dan kuman yang menempel. Cara kerja cuka putih bahkan disebut mirip dengan cairan pemutih.

Hanya saja cuka lebih aman karena mengandung zat alami untuk makanan dan dibuat dengan senyawa organik yang mudah diserap oleh tubuh, bahkan memberikan berbagai manfaat dalam makanan seperti peningkatan pencernaan.

Cara mencuci dengan cuka putih yakni larutkan air dengan cuka, lalu rendam peralatan dapur serta piring kotor selama satu hingga dua jam. Setelah dirasa noda mulai terangkat, cuci wadah seperti biasa sampai bersih.

Baking Soda

Baking soda memiliki sifat alkali yang berfungsi menghilangkan noda lemak atau minyak tanpa merusak permukaan pada peralatan dapur maupun tangan.

Caranya bisa dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu gosokkan pada bagian yang terkena noda hingga bersih.

Tidak hanya dapat membersihkan noda, baking soda pun disebut mampu menyerap bau tak sedap pada wadah. Caranya, cukup taburkan baking soda dan tutup rapat, lalu biarkan semalaman.

Setelahnya, buang baking soda dan cuci wadah seperti biasa hingga bersih.

Hand Sanitizer

Kandungan alkohol yang ada dalam hand sanitizer dapat membersihkan noda yang menempel pada peralatan dapur atau piring kotor. Caranya, oleskan hand sanitizer pada bagian yang kotor lalu gosok hingga noda menghilang. Baru setelahnya cuci wadah seperti biasa hingga bersih.

TEKS / ILUSTRASI : CNN INDONESIA.COM/(agn/end)




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com