Polisi Perketat Keamanan Jelang Salat Id di Masjid Istiqlal

Jakarta I KSOL — Polisi menggelar operasi ketupat 2019 selama 13 hari, mulai Rabu (29/5) sampai dengan Senin (10/6). Selain pantauan mudik, polisi juga bakal melakukan pengamanan di masjid-masjid hingga ke tempat wisata dalam kegiatan ini.

Salah satu masjid yang dipantau ialah Masjid Istiqlal yang terletak di Jakarta Pusat. Pos Polisi Operasi Ketupat Jaya 2019 Polsek Sawah Besar berada di sisi kanan depan pintu masuk Masjid Istiqlal.

Pantauan CNNIndonesia.com pukul 14.50 WIB di lokasi, terdapat sejumlah anggota polisi dan TNI sedang berbincang santai.

Kanit Provos Polsek Sawah Besar, Andre mengatakan Polsek Sawah Besar menjamin keamanan dan kenyamanan jemaah untuk melaksanakan salat Id di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Andre menyatakan sejak hari pertama operasi ketupat jaya bergulir, pihaknya mempersiapkan 50 personel untuk mengamankan masjid. Khusus salat Idul Fitri 2019 yang akan dilaksanakan besok, tambah Andre, pengamanan akan diperketat. Seperti tambahan personel dari pihak Polres Jakarta Pusat dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Karena biasanya salat Id dihadiri Presiden, jadi pengamanan dibantu oleh Kodim maupun Koramil,” ujar Andre saat ditemui, Selasa (4/6).

Selain dari segi jumlah, polisi juga bakal melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang masuk. Apalagi, kata Andre, Masjid Istiqlal yang tengah direnovasi tidak bisa dimasuki oleh sembarang kendaraan, termasuk bus.

“Biasa kita sterilisasi dari barang bawaan, dari lalu lintas yang masuk. Karena kan lagi renovasi, enggak bisa sembarangan masuk. Bus sekarang enggak bisa masuk. Total sekitar 100 personel gabungan dikerahkan,” ucapnya.

Andre berujar pihaknya sampai sejauh ini sudah memproses salah seorang tersangka terkait kasus pencurian. Pencurian terjadi di sekitar kawasan Masjid Istiqlal.

“Pencurian helm dan handphone. Sudah ada satu tersangka saat ini di Polsek Sawah Besar,” ujarnya.

Sementara itu, Polsek Sawah Besar, tambah Andre, juga menjamin keamanan dan keselamatan untuk pengunjung wisata Lapangan Banteng yang posisinya tidak jauh dari Masjid Istiqlal. 

Dia mengatkan sebanyak 30 personel dikerahkan dalam mengamankan situasi di lokasi Monumen Patung Pembebasan Irian Jaya tersebut. Jumlah personel itu, ujarnya, belum termasuk tambahan anggota dari pihak lain.

TEKS : CNN INDONESIA.COM I FOTO : NET




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com