Jalur Mudik, Endikat dan Liku Lematang Rawan Kecelakaan

PAGARALAM, KSOL–Kondisi ruas jalan yang jadi jalur mudik menuju Kota Pagaralam sejauh ini tergolong masih belum siap dan masuk katagori rawan kecelakaan.

Sejauh ini masih banyak terdapat beberapa titik yang rawan longsor dan beberapa titik dalam kondisi amblas hingga membahayakan para pengguna jalan. Pantauan Kabarsumatera.com,  Jumat (24/5/2019), sejumlah titik jalan amblas tersebut terdapat jurang dalam yang sangat berbahaya bagi pengguna jalan baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ujang (60) pengendara motor asal Dusun Rempasai Kelurahan Penjalang Kecamatan Dempo Selatan mengatakan, sejauh ini ada beberapa titik jalur mudik yang rawan longsor yakni jalur Pagaralam-Lahat tepatnya di liku Endikat dan Lematang Indah. Bahkan ada beberapa titik yang ambas hanya dipasang papan peringatan agar pengguna jalan berhati-hati saat melintas dikawasan tersebut.

Kondisi Jalan menuju Pagaralam

“Kami berharap agar Pemerintah Kota Pagaralam melalui dinas terkait dapat segera memperbaiki kerusakan jalan yang ada demi kelancaran dan keamanan penguna jalan yang melintas dijalur tersebut, ” ujarnya seraya mengatakan kerusakan jalan yang ada sejauh ini hanya diberi rambu dan tanda himbauan saja. 

Senada dikemukakan,  Panit (42) warga Mingkik  Kelurahan Agung Bungsu berujar, bila diamati kondisi jalur mudik menuju Pagaralam saat ini dinilai belum siap menghadapi jalur mudik,  mengingat masih banyak ruas jalan dalam kondisi rusak bahkan dapat membahayakan penguna jalan. 

“Jalur mudik dari Lahat ke Pagaralam ini belum siap untuk menampung para pemudik untuk merayakan lebaran Idul Fitri1440 H mendatang, mengingat masih ada beberapa titik yang rawan longsor,” ujarnya.

Ia berharap agar pihak Pemerintah dan Kepolisian dapat melakukan langka perbaikkan atau antisipasi bencana longsor dan amblas dijalur tersebut.

Menurut Wakil Walikota Pagaralam, M Fadli mengatakan, Pemkot #]#Pagaralam akan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan para pemudik terutama yang akan mudik ke Pagaralam. Untuk titik yang rawan longsor dan amblas nantinya akan ditempatkan petugas untuk berjaga.

“Sebetulnya kerusakan ruas jalan itu merupakan jalan negara, tapi kita tetap berupaya memberi rasa aman dan nyaman kepada para pemudik. Pastinya kita akan berkerjasama dengan pihak terkait guna memantau jalur mudik yang rawan longsor tersebut,” singkatnya.

Teks / Foto : Antoni Stefen :




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com