Menyantap Manfaat Cincau sebagai Menu Berbuka Puasa

JAKARTA I KSOL — Cincau jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa favorit di bulan Ramadan. Rasanya yang segar membuat dahaga terpuaskan.

Ada dua jenis cincau, berwarna hijau dan hitam. Keduanya nikmat disantap bersama minuman seperti es cendol atau es campur.

Tak hanya memberikan rasa segar, makanan bertekstur kenyal dan empuk ini punya manfaat kesehatan, apalagi di saat bulan puasa.

  1. Cegah sakit pencernaan
    Cincau dibuat dari tanaman Platostoma palustre (anggota keluarga tanaman mint). Tanaman ini mengandung komponen gula yang dapat melawan bakteri penyebab sakit perut. Cincau juga mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan.

Di samping itu, cincau mengandung komponen alkaloid yang terdiri dari vitamin A dan C. Kombinasi kedua jenis vitamin ini sangat efektif untuk mencegah diare jika dikonsumsi.

  1. Efek mendinginkan
    Meski tidak dikonsumsi bersama dengan es, cincau memiliki efek mendinginkan. Saat berpuasa, tak jarang tubuh terasa panas sehingga konsumsi cincau bisa mendinginkan.

Efek mendinginkan ini juga bermanfaat untuk meredakan demam bersamaan dengan komponen cincau lain seperti tentradine, cardioplegicum, alkaloid, flavonoid dan saponin, juga vitamin A dan B.

  1. Bantu turunkan berat badan
    Mengutip Livestrong, cincau mengandung sedikit kalori. Dari sekitar 330 gram, ada 184 kalori di dalamnya. Total kalori ini hanya 9 persen dari total kebutuhan kalori harian.

Puasa bisa benar-benar menurunkan berat badan jika dibarengi dengan konsumsi cincau. Cincau mengandung air dan serat sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh
    Cincau kaya akan antioksidan. Antioksidan memastikan kekebalan tubuh agar kuat menghadapi paparan radikal bebas atau infeksi.

Meski tubuh punya kemampuan memproduksi antioksidan sendiri, namun jumlahnya tak cukup untuk melindungi seluruh tubuh. Penting untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan seperti cincau.

  1. Kontrol gula darah
    Jangan takut mengonsumsi cincau jika Anda memiliki diabetes. Cincau mengandung alkaloid dan klorofil yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Konsumsi cincau juga tak langsung menaikkan kadar gula darah dengan cepat sehingga aman disantap untuk berbuka puasa.

TEKS/FOTO : CNN INDONESIA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com