Pemerintah akan Bangun Kapal Rumah Sakit

JAKARTA I KSOL — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membangun kapal rumah sakit. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kapal rumah sakit akan diperuntukan bagi daerah kepulauan.

“Oleh karena nya Kemenhub bersama Kemenkes akan membuat dua kapal rumah sakit, tentunya bersama sama pemerintah Jatim supaya mereka bisa sekalian keliling mengantar penumpang sambil juga memeriksa,” kata Budi dalam pernyataan tertulis yang diterima Republika, Senin (13/5).

Dia menjelaskan pembangunan kapal rumah sakit tersebutmerupakan program baru pemerintah. Rencananya, kata Budi, kapal rumah sakit tidak hanya di Jawa Timur saja melainkan juga daerah kepulauan lainnya.

“Rencananya kalau kita akan pikirkan di Jawa Timur, Kepri, dan Papua mungkin kebutuhannya. Akan ada sekitar enam hingga sembilan unit kapal untuk kapal rumah sakit ini,” jelas Budi.

Dia memastikan, kapal rumah sakit tersebut akan mempunyai dua fungsi yakni sebagai rumah sakit kedua untuk penumpang. Seperti Kapal Rede, Budi mengatakan mempunyai kapasitas 80 penumpang maka jika dijadikan kapal rumah sakit penumpang hanya sekitar 20 orang.

“Jenis kapal rumah sakit nanti Kapal Rede. Dia fungsinya double, bisa penumpang. Katakanlah penumpangnya 50, nanti penumpangnya ga usah 50, tapi 20 saja atau berapa. Tapi ada unit poliklinik, sehingga di tempat ini bisa melayani masyarakat,” ungkap Budi.

TEKS/FOTO : REPUBLIKA.CO.ID




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com