Jadi Ketua Forum CSR, Gadang Hartawan : Optimis CSR Akan Lebih Baik

OKI  I KSOL —  Rakor CSR (Corporate Social Responsibility) atau TJSLP (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan) dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) digelar di Aula Bappeda OKI Kayuagung Rabu (20/3/2019).

Dalam rakor ini juga dibentuk Forum yang secara aklamasi mendaulat Gadang Hartawan sebagai Ketua Forum CSR/TJSLP-PKBL Kabupaten OKI.

Gadang Hartawan yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum mengatakan CSR merupakan pola kemitraan yang memang diharapkan banyak pihak. Menurut Gadang yang juga menjabat Head Public Affair PT OKI Pulp and Paper Mills ini merasa optimis pelaksanaan CSR akan lebih baik lagi,

Jadi, ini demi kebaikan kita bersama, sehingga program CSR nanti benar – benar dapat tepat sasaran. Setelah ada evaluasi dan lainnya ini akan menjadikan hubungan yang lebih baik, kenyamanan berusaha dan kenyamanan masyarakat. Artinya, masyarakat merasakan manfaat yang cukup terhadap adanya keberadaan perusahaan,” ungkapnya.

Setelah Forum CSR terbentuk hari ini, lanjutnya, program awalnya adalah kami akan melakukan inventarisir, kira-kira kegiatan mana saat ini mungkin butuh dukungan dari perusahaan yang ada kaitan kebutuhan masyarakat. Tetapi akan kita kumpulkan terlebih dahulu, kemudian nanti tim forum CSR mengundang perusahaan untuk berdiskusi bersama guna merealisasikannya.

“Artinya, nanti kita akan lakukan semacam pengelompokan. Kira- kira perusahaan mana yang memang ada program kesana, sehingga bisa sinkron dan terkoordinir dengan baik, serta tidak kehilangan jejak. Karena mungkin selama ini banyak kegiatan yang dilakukan tapi tidak termonitor sama lainnya,” tuturnya.

Ketua Tim Fasilitasi CSR (Corporate Social Responsibility) Kabupaten OKI Alamsyah mengatakan rakor ini sebagai penyelarasan program TJSLP dan PKBL dari Kalangan Swasta, dalam rangka optimalisasi program pembangunan serta dibentuknya Tim Fasilitasi CSR Kabupaten OKI sebagai perwakilan dan bagian dari Forum CSR.

Alamsyah yang juga Alamsyah yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup juga mengatakan
dilaksanakannya CSR atau TJSLP (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan) dan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) untuk memadu selaraskan yakni sebagai upaya sinergitas dalam penunjang pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat antara pemerintah dan perusahaan.

“Karena pembangunan tidak hanya cukup mengandalkan dari sumber keuangan negara saja, namun harus didukung dari perusahaan melalui CSR
yang terus bersinergi dalam pemerataan pembangunan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Dilanjutkannya, sinkronisasi sekaligus meningkatkan kerjasama pembangunan pemerintah dan swasta, melalui pengembangan TJSLP dan PKBL, agar semua pihak dapat memahami serta dapat lebih fokus pada sasaran yang telah ditentukan, sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk warga masyarakat,

“Rakor ini juga memperkuat Koordinasi perencanaan dan pelaksanaan program CSR dalam upaya memperluas kemitraan pembangunan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, dihadapan sejumlah pimpinan perusahaan penggerak CSR dalam rakor yang mengambil tema Memperkuat Semangat Kemitraan dan Peran Forum CSR-PKBL Kabupaten OKI Dalam Mewujudkan Kebermanfaatan Bagi Perusahaan dan Pembangunan Daerah, Sekretaris daerah (Sekda) Husin yang mewakili Bupati OKI Iskandar mengharapkan seluruh perusahaan yang melakukan operasional di Bumi Bende Seguguk dapat membantu masyarakat berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat,

“Selain itu juga, perusahaan ditekankan untuk saling menjaga lingkungan terutama kerusakan hutan dan ancaman kebakaran lahan,” tandasnya.

TEKS/FOTO : BERITAMUSI.CO.ID/Romi




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com