Digigit Anjing, Dinkes Siapkan Vaksin Rabies Gratis 

PAGARALAM, KSOL–Terkait adanya sejumlah warga Kota Pagaralam yang diduga digigit anjing beberapa hari lalu, hingga menjadi perhatian serius Perintah Kota Pagaralam. Mendengar adanya laporan tiga warga yang sudah dirawat dan diduga karena digigit anjing gila, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni perintahkan Dinas Pertanian dan Peternakan segera lalukan pencegahan penyeberan virus rabies.
Bahkan walikota meminta dinas terkait melakukan penyuntikan semua anjing peliharaan yang ada di Pagaralam dan meminta dinas terkait segera menangkapi anjing liar yang berkeliaran.
“Kami mendapat laporan ada warga yang digigit anjing beberapa waktu lalu. Parahnya sudah ada tiga warga yang terpaksa dirawat dan harus mendapat suntikan anti rabies,” ujar Walikota Alpian Maskoni,  Senin (11/3/2019).
Menurut Alpian,  Dinas Perternakan dan Perikanan agar dapat melakukan jemput bola kepada pemilik peliharaan anjing untuk dilakukan penyuntikan anti rabies.
“Diminta agar Dinas Pertanian dan Perternakan untuk mendata warga yang memelihara anjing dan melakukan penyuntikan anti rabies kepada anjing yang belum disuntik,” pintahnya.
Terpisah,  Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan, Gunsono Nekson mengatakan, pihaknya memang sudah memberikan selebaran kepada seluruh warga yang memelihara anjing untuk segera melakukan penyuntikan anti rabies.
“Bagi warga yang memelihara hewan peliharaan jenis anjing agar dapat dilakukan penyuntikan vaksin rabies dan hewan tersebut jangan diliarkan mengingat sejauh ini sudah ada beberapa warga yang terkena gigitannya,” kata Gunsono seraya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan  giat jemput bola dengan mendatangi pemelihara anjing dan melakukan penyuntikan anti rabies kepada anjing yang ada.
Senada dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan setempat Dra Lili Ernani melalui Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Kota Pagaralam, Subur Wicaksono. “Saat ini kita juga sudah mendapat laporan mengenai adanya warga yang terkena gigitan anjing yang diduga anjing gila. Sebab itu kami sudah menyiapkan vaksin rabies secara gratis untuk warga yang terkena serangan gigitan,” singkatnya.
TEKS : ANTONI STEFEN   I  FOTO  : GOOGLE IMAGE



Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com