Jalan Talang Jelatang Berlubang, Ancam Pengendara

PAGARALAM, KSOL — Kerusakan badan jalan hingga ancam pengendara yang hendak melintas disalah satu sudut kota, tampaknya kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat.

Padahal lajur ini merupakan jalan alternatif dikawasan Terminal Nendagung Kecamatan Pagaralam Selatan dan merupakan padat arus kendaraan. Kerusakan dimaksud tepatnya berada di Jalan Pratu Bahmin, Talang Jelatang Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Pagaralam Selatan, mengalami kerusakan hampir sekitar satu bulan terakhir.

Pantauan dilokasi, keberadaan lubang tersebut diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 20 cm dengan lebar 5 meter. Sejauh ini ada beberapa titik lubang besar mengangga tersebut kerap menjadikan kawasan ini macet dan tidak nyaman. Bahkan ada pengendara sepeda motor yang tergelincir saat melintas dijalur tersebut.

JALAN RUSAK – Warga sedang menutup lubang-loubang dengan tanah di jalan untuk menghindari kecelekaaan. (Foto.Dok.KSOL/Anton)

Sugeng, Ketua RW 01 Kelurahan Sidorejo mengatakan, kerusakan badan jalan sebetulnya terjadi lantaran padatnya arus kendaraan yang melintas dijalan tersebut dan kurang didukungnya dreinase yang ada. Apalagi setiap turun hujan, air selalu saja mengenang dibadan jalan akibat buruknya sistem drainase dan membuat badan berlubang.

“Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengajak warga setempat untuk bergotong royong membenahi kerusakan yang ada termasuk membuat saluran air,” terangnya, Minggu(17/02/2019).

Meski begitu lanjutnya, hingga kini tampaknya belum terlihat adanya upaya perbaikan dari dinas terkait untuk membenahi lubang tersebut. Sedangkan sejauh ini warga sekitar justru berinisiatif untuk menambalnya dengan batu koral, namun sifatnya hanya sementara. “Sejak tahun 2017 lalu, jalan tersebut sudah diprioritaskan melalui Musrenbang tingkat kelurahan hingga kota, tapi hingga kini belum tersentuh,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pagaralam H Hariyadi Razak ST MM melalui Kabid Bina Marga Acmad Ardiansyah ST mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait adanya kerusakan badan jalan di Talang Jelatang Kelurahan Sidorejo Kecamatan Pagaralam Selatan.

“Semoga saja melalui Musrenbang 2019 ini, jalan tersebut dapat terealisasi demi kepentingan masyarakat luas, ” terangnya seraya mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan anggaran dimaksud, sedangkan yang mengesahkan itu adalah pihak DPRD Kota Pagaralam.

TEKS : ANTONI STEFEN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *