2019 kebangkitan para ustadz, Ustadz Yayan : Perda Rumah Tahfidz Harus diperjuangkan

KH Masagus Ahmad Fauzan, Sos.I, penggagas dan pembina Rumah Tahfidz Sumatera Selatan.

PALEMBANG  I  KSOL —  Genderang pemilu 2019 sudah ditabuh. April 2019 adalah penentu akhir kompetisi politik. Semua tim dan para calon legislatif di berbagai daerah, baik tim calon presiden dan calon wakil presiden melakukan sosialasi di berbagai daerah. Tak terkecuali Tim Pemenangan KH Masagus Ahmad Fauzan, Sos.I, penggagas dan pembina Rumah Tahfidz Sumatera Selatan.

Pencalonannya sebagai salah satu kandidat anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumsel bukan tanpa alasan. Cucu Kiai Marogan yang akrab dipanggil Ustadz Yayan ini menegaskan, sejak menggagas dan membina Rumah Tahfidz di Sumsel sejak 2010, nyaris tidak ada perhatian serius terhadap Rumah Tahfidz, terutama yang berkaitan dengan regulasi, seperti peraturan daerah (perda).

“Selama ini sudah ada kepedulian, tetapi itu sifatnya sukarela. Ada yang empatik, tapi masih kurang maksimal. Lalu siapa yang akan peduli rumah tahfidz dari sisi kebijakan, kalau bukan dari wakil kita? Makanya saya mohon doa, agar kelak ada Perda Rumah Tahfidz yang diproduk dari legisltif,”ujarnya.

Menurut Ustadz Yayan, menggagas Perda Rumah Tahfidz tidak bisa hanya diserahkan ke enggota dewan yang sekarang duduk di legislatif, tanpa masuk ke dalamnya. Sebab, kekuatan di dalam dan dari luar akan sangat berbeda.

Oleh sebab itu, misi penting yang dibawa ke kursi legislatif di Provinsi Sumsel, menurut Ustadz Yayan, satu diantaranya dia ingin mendorong dan melahirkan Perda Rumah Tahfidz di Sumatera Selatan.

“Kalau sudah ada perda, daya tekan dan kepedulian negara bukan lagi sebatas imbauan seperti saat ini, tetapi sudah menjadi kewajiban bahwa negara wajib ikut serta dalam proses pengembangan dan membantu materi dan non materi terhadap semua rumah tahfidz di Sumatera Selatan,” tegasnya, usai pertemuan yang dikemas dalam Ngopibarusta (ngobrol pintar bersama ustadz) di Rumah Tahfidz Al-Husni Poligon Palembang, pimpinan Ustadz Abdul Rohman, Ahad (25/11/2018).

Berdasar pada hal diatas, Ustadz Yayan mengajak semua elemen masyarakat, terutama umat muslim, wali santri dan para donatur yang selama ini sudah empatik kepada Rumah Tahfidz, agar dapat ikut mendukung gagasan ini melalui pemilu 2019.

“Saya mengajak masyarakat agar ikut berjuang agar perda ini terwujud. Insya Allah. Ini adalah satu diantara agenda, kenapa saya harus ikut berjuang untuk duduk di kursi parlemen. Mohon doa dan dukungannya agar saya kelak bisa duduk di legislatif Sumsel,” ujarnya.

H Ahirman Rasyid, S.Ag, Ketua Tim Pemenangan Ustadz Yayan

Kebangkitan Ustadz

Pada kesempatan yang sama, H Ahirman Rasyid, S.Ag, Ketua Tim Pemenangan Ustadz Yayan menambahkan, tahun 2019 adalah tahun kebangkitan para ustadz. Menurutnya, selama ini para ustadz hanya diam menjadi kumpulan orang baik yang tidak ikut dalam kompetisi politik.

Akibatnya, yang duduk di kursi kekuasaan, bukan orang yang memperjuangkan aspirasi para ustadz dan agama Islam pada umumnya.

Oleh sebab itu, masuknya para ustadz di gedung parlemen menjadi hal penting agar regulasi negara bisa diwarnai oleh moralitas ustadz yang selama ini hanya diam dan berceramah di sejumlah mimbar masjid dan mushola.

“Kita tidak bisa hanya duduk dan melihat orang lain memainkan peraturan tanpa peduli terhadap kondisi riil rumah tahfidz dan para ustadznya. Tapi orang-orang baik harus ikut masuk dalam sistem dan membuat kebaikan agar negeri ini melahirkan regulasi yang lebih baik terutama yang berkaitan dengan syiar agama Islam,” tegasnya.

Ahirman menjelaskan, acara NGOPIBARUSTA yang digagas Tim Pemenangan Ustadz Yayan ini akan melakukan pertemuan-pertemuan di sejumlah titik di Kota Palembang, sembari ngobrol pintar bersama para ustadz.

“Acara ini terbuka untuk siapa saja. Kalau ada warga yang mungkin ada keluhan berkaitan dengan keluarga, atau syariat agama bisa ikut dalam Ngopibarusta, sebab acara ini melibatkan sejumlah ustadz, jadi bisa langsung ditanyakan pada para ustadz,” tambahnya.

TEKS : IMRON SUPRIYADI  I  FOTO  : DOK.USTADZ YAYAN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *