Luhut Tak Terima Prabowo Sebut Pemerintah Menyerah pada Asing

JAKARTA   I   KSOL  — Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan tak terima dengan pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait kebijakan relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang dikeluarkan pemerintah.

Prabowo dalam salah satu pidatonya menyebut Pemerintahan Presiden Joko Widodo menyerah kepada asing. Relaksasi aturan DNI dinilai Prabowo memberi peluang asing untuk masuk dan menguasai 28 sektor industri di dalam negeri.

“Baca dulu baik-baik baru berkomentar. Kami tidak pengin rakyat susah. Memangnya hanya kamu (Prabowo) yang sayang sama negeri ini kami juga sayang sama negeri ini,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (22/11).

Prabowo juga berpendapat relaksasi aturan DNI akan menyulitkan rakyat karena harus bersaing dengan pengusaha-pengusaha asing yang memiliki modal besar. Menanggapi itu, Luhut menyatakan pemerintah akan melindungi pengusaha terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Saya enggak mau (UMKM dimasuki asing), apalagi presiden. Misalnya, UMKM bordir (batasnya) sampai Rp100 miliar. Dipikir bordir yang biasa, enggak begitu. Sampai sekarang enggak ada satu pun (pengusaha lokal) yang masuk. Ya dikeluarkan saja suruh asing masuk,” jelasnya.

Pemerintah sebelumnya berencana membuka 54 sektor usaha. untuk dapat dimiliki asing melalui relaksasi aturan DNI. Relaksasi tersebut merupakan bagian dari Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang diumumkan pemerintah akhir pekan lalu.

Namun, pada awal pekan ini, pemerintah menyebut baru memastikan 28 sektor dari 54 sektor yang sebelumnya disebut bisa dibuka 100 persen untuk asing.

Beberapa sektor yang rencananya akan dibuka adalah industri percetakan kain, rajut, perdagangan eceran melalui pemesanan pos dan internet, warung internet (warnet), jasa pemboran migas di laut, industri rokok kretek dan putih, hingga gedung pertunjukan seni.

Selain sektor tersebut, sektor usaha yang dibuka antara lain; warung internet, industri kayu lapis, industri pariwisata alam, jasa survei panas bumi, jasa pemboran migas di laut, industri bubur kertas dari kayu dan sistem komunikasi data.

TEKS : CNN INDONESIA / chri/agi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *