Bohong! Ada Bayi yang selamat dalam kecelakaan Lion Air JT610

JAKARTA   I  KSOL  — Baru-baru ini beredar foto yang menampilkan seorang bayi selamat yang disebut sebagai salah satu korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Foto tersebut beredar di beberapa media sosial setelah peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10/2018).

Narasi yang beredar:

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, foto tersebut mulai ramai diperbincangkan di media sosial pada Selasa (30/10/2018).

Foto yang diduga merupakan bayi yang selamat itu beredar setelah pemerintah mengumumkan ada 181 penumpang dalam pesawat Lion Air JT 610, termasuk dua bayi.  Dalam foto itu diperlihatkan seorang bayi yang tengah diselamatkan oleh beberapa petugas.

Selain itu, pada unggahan juga dituliskan, “satu bayi korban pesawat Lion Ait JT-610 ‘selamat terombang ambing di laut'”.

Oleh karena itu, beberapa orang menduga bayi tersebut merupakan bayi yang selamat dari peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Penelusuran Kompas.com: Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemeneterian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu menegaskan bahwa foto bayi selamat yang diduga salah satu korban jatuhnya pesawat JT 610 merupakan informasi hoaks  atau bohong.

“Foto yang beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang bayi dengan caption satu bayi korban pesawat Lion Air JT 610 ‘selamat terombang ambing di laut’ adalah hoaks,” ujar Ferdinandus saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (30/10/2018).

Adapun faktanya, foto yang beredar merupakan salah satu bayi yang selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju.

“Faktanya, foto tersebut merupakan salah satu penumpang selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di perairan Selayar pada 3 Juli 2018,” ujar Ferdinandus.

Adapun pihak Kemenkominfo mendapatkan laporan adanya foto bayi yang selamat ini pada Selasa (30/10/2018) pukul 13.50 WIB melalui mesin pengais konten.

Pihak Kemenkominfo juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dan tidak menyebarkan informasi hoaks yang beredar pasca-jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

TEKS / FOTO : .KOMPAS.COM/Retia Kartika Dewi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *