Liberty : Peduli sastra? siapa lagi kalau bukan kita

Sabella Liberty yang juga calon Legislatif DPR-RI dapil Sumsel 1

PALEMBANG  I   KSOL – Generasi muda di kota Palembang hendaknya lebih peduli dengan karya-karya seni. Mengapreasi seni sama artinya melestarikan nilai-nilai lelulur budaya bangsa.

“Karena kalaulah bukan generasi muda siapa lagi yang menghargani seni itu sendiri. Harapan saya para anak-anak muda di kota Palembang ini lebih peduli dengan karya-karya seni. Ya, jangan mau kalah dengan anak-anak di kota lainnya,” ungkap Sabella Liberty saat menghadiri ‘Peluncuran’ Antologi Puisi dan Musikalisasi Puisi Amanda Maida Lamhati di RRI Palembang, Sabtu (27/10/2018).

Meskipun menyukai seni puisi sejak kecil, namun Sabella ternyata memiliki keinginan supaya pertunjukan seni digelar berkelanjutan.

“Ya, jangan sampai susah mencari di mana menyaksikan pagelaran seni. Nah, buat pemerintah toh buatkan payung hukum agar nantinya gairah berkesenian itu lebih mengakar ke sanubari anak-anak muda kita,” Sabella menuturkan.

Sambung Sabella, ia kepengin sekali berdiskusi lebih banyak lagi tentang apa saja yang kini dirasakan oleh seniman. Juga dengan bertemu seniman tentunya akan dapat mengetahui arti dari sebuah karya.

“Jelas senanglah. Saya tak mau kegiatan-kegiatan pertunjukan seni ini berhenti sampai di sini,” cetusnya.

BACO JUGO BERITA LAINNYO : Puisi Amanda Maida Lamhati “Perahu Tak Lagi Kutambatkan”

Sabella Liberty yang juga calon Legislatif DPR-RI dapil Sumsel 1 dari Partai Perindo menilai, sekalipun pertunjukan musikalisasi puisi cukup baru di telinga anak-anak muda, akan tetapi animo kalangan anak-anak muda untuk datang menyaksikan cukup besar.

“Itu yang buat saya bangga. Kegiatan berkesenian tersalurkan. Semestinya pertunjukan ini terus dilestarikan. Biarpun penonton sedikit jika konsisten acaranya tetap saja hidup. Dan, tetap dikenang oleh penonton,” ujarnya

Lantas, seperti apa sosok penyair Amanda Maida Lamhati di mata Sabella? Jawabnya, seorang Amanda Maida Lamhati adalah penyair yang mencoba mementingkan gerak hati. Inilah yang menyebabkan karya-karya puisinya bukan hanya semata dibicarakan, tetapi  bait puisinya yang selalu bernyanyi tentang warna-warni kehidupan. “Sekali lagi sukses untuk sang penyair,” tutupnya.

TEKS : RINALDI SYAHRIL/HS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *