Inilah Para Jagoan PLN, Apa Tugas Mereka?

PALEMBANG  I  KSOL  —  Bertempat di halaman Kantor UP3 Bengkulu, diselenggarakan Apel Bhakti Tim PDKB dari seluruh unit PLN di Wilayah kerja Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu; UP3 Palembang, UP3 Lahat, UP3 Jambi, UP3 Bengkulu dan UP3 Muara Bungo. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan para insan PLN dalam memperingati Hari Listrik Nasional ke-73.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Pelaksanaan Pemeliharaan menggunakan metode “Pekerjaan Tanpa Padam” yang akan dilaksanakan oleh seluruh Tim PDKB selama 3 hari berturut-turut sampai tanggal 26 Oktober 2018. Kegiatan yang menerjunkan sebanyak 38 personil ahli yang telah dibekali keahlian khusus untuk melaksanakan pekerjaan dalam keadaan bertegangan ini akan dipusatkan di seputaran Kota Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Bakri dalam penjelasannya kepada pihak media mengatakan bahwa PDKB atau Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan merupakan pekerjaan khusus yang dilakukan oleh para personil yang telah dilatih secara khusus untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan baik operasional maupun pemeliharaan tanpa padam.

“Mereka (baca: tim PDKB) adalah Pasukan Khusus-nya PLN. Dilatih dan disiapkan untuk pekerjaan dengan resiko yang tinggi, namun tentunya telah dilakukan mitigasi dan persiapan yang matang, baik fisik, peralatan dan juga SOP- nya,” ungkapnya, Rabu (24/10/2018),

“Saat ini usia Tim PDKB telah memasuki 2 dasawarsa lamanya, tim telah memberikan banyak konstribusi terhadap penanganan pekerjaan operasional maupun pemeliharaan tanpa perlu melakukan pemadaman. Meski peranan tim ini lebih banyak dibelakang layar, sehingga pelanggan tidak mengetahui secara langsung sepak terjangnya mereka”, ujar Bakri.

Meski peranan Tim PDKB dalam menurunkan jumlah padam terencana sudah cukup signifikan, namun PLN berharap bahwa peranan Tim PDKB dapat terus ditingkatkan, sehingga angka padam dapat semakin ditekan. Hal ini seiring dengan komitmen PLN untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Secara statistik, hingga September lalu jumlah titik pekerjaan yang terealisasi oleh tim PDKB sebanyak 990 lokasi pekerjaan yang dilakukan tanpa padam. Apabila dihitung secara akumulasi waktu, telah mampu menghindarkan terjadinya pedam di sisi pelanggan PLN akibat pekerjaan selama 2.277 jam.

“Tentunya kedepan akan terus ditingkatkan lagi pola pelaksanaan pekerjaan oleh tim kebanggan PLN ini, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan PLN”, tutupnya.

TEKS : TIM KSOL/REL   I  FOTO  : HUMAS PLN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *