Jembatan Musi IV Palembang Gunakan Teknologi Anti Gempa

PALEMBANG I KSOL – PT Adhi Karya selaku kontraktor pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan, memasang teknologi berupa sistem extradosed (gabungan antara komponen cable stayed dengan box girder).

Teknologi itu diklaim mampu menahan Jembatan Musi IV jika terjadi gempa dan tahan dari terjangan gelombang ombak sungai musi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang Ki Agus Syaiful Anwar mengatakan, teknologi extradosed hanya digunakan kepada 70 jembatan di dunia termasuk Musi IV.


Penggunaan extradosed disesuaikan dengan kondisi perairan Sungai Musi agar keberadaan jembatan tidak mengganggu aktivitas perairan. “Dengan penyesuaian ini diharapkan usia dari jembatan bisa lebih lama, bisa sampai 100 tahun,” kata Syaiful, Sabtu (20/10/2018).

Selain teknologi anti gempa, Jembatan Musi IV juga memiliki sistem pendeteksi dini untuk memonitor seluruh aktifitas serta kerusakan jembatan secara real time.

“ Tujuannya, agar dapat secara langsung melakukan pembenahan jika terjadi kerusakan pada jembatan,” kaya

Syaiful. Sejauh ini, pengerjaan Jembatan Musi IV sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan selesai pada akhir November mendatang.

“Selanjutnya, pengerjaan akan masuk pada tahap penyelesaian akhir termasuk memasang ornamen yang dibutuhkan untuk jembatan. Setelah itu akan dilakukan uji layak fungsi, termasuk analisa lalu lintas. Dalam pelaksanaannya nanti,” kata dia.

Analisa lalu lintas di Jembatan Musi IV bertujuan untuk melihat kondisi jembatan saat dilalui kendaraan. Setelah diresmikan, kendaraan tidak melewati jalan nasional karena kendala sulitnya pembebasan lahan.


Pada rencana awal, kendaraan seharusnya melewati Jalan Ahmad Yani di sisi ulu dan Jalan Perintis Kemerdekaan di sisi hilir. Namun, karena ada beberapa lahan yang belum bebas maka kendaraan harus melewati Jalan Slamet Riyadi dan jalan KH Azhari. Saat ini pembangunan Jembatan Musi IV telah terhubung antara ulu dan hilir kota Palembang.

“Dengan adanya jembatan ini diharapkan dapat mengurangi beban kendaraan yang ada di Jembatan Ampera. Rencananya, Jembatan Musi IV akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Syaiful.

TEKS/FOTO : KOMPAS.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *