Jadi Tempat Wisata Air, Sungai Kawasan Sekanak Bersolek

Setelah Sungai Musi, anak sungai kawasan Sekanak dikembangkan jadi objek wisata air.

PALEMBANG  I  KSOL — Dinas Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan terus menambah fasilitas wisata air di Sungai Musi. Beberapa anak sungai juga mulai dikembangkan menjadi objek wisata air.

“Wisata air yang selama ini baru ada di perairan Sungai Musi kini mulai dikembangkan di anak sungai kawasan Sekanak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani, di Palembang, Jumat.

Penataan dan penambahan fasiliatas pendukung yang dapat menambah daya tarik dilakukan untuk mengembangkan wisata air di anak Sungai Musi itu.

Warga melintasi tepian anak sungai yang telah dicat warna-wani di kawasan anak Sungai Sekanak 26-27 Ilir Palembang, Sumsel, Selasa (9/1). Pemerintah Kota Palembang mengecat kawasan anak Sungai Musi ini menjadi menarik mata dalam rangka menyambut penyelenggaraan Asian Games Agustus.

BACO JUGO ARTIKEL LAINNYO : Wisatawan Milenial Diprediksi Dominasi Pasar Wisata Dunia

Selama ini sudah ada beberapa kapal wisata yang melayani wisatawan lokal dan mancanegara di daerah aliran Sungai Musi. Dengan dikembangkannya wisata air di tepian Sungai Sekanak, pemerintah setempat pun menyiapkan beberapa unit perahu hias.

Wali Kota Palembang Harnojoyo berlayar di sungai (Foto: dok. Humas Pemprov Palembang)

Perahu hias berkapasitas maksimal untuk 20 orang disiapkan untuk melayani warga kota dan wisatawan yang akan menikmati suasana kawasan Sungai Sekanak. Turis akan dibawa melintasi Sungai Sekanak yang tepiannya telah ditata dan dicat dengan warna cerah serta bergambar sejumlah benda dan satwa dengan gaya tiga dimensi.


Isnaini menjelaskan sarana dan prasarana pendukung kawasan objek wisata di kota yang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu akan terus ditingkatkan. Dengan begitu, ia berharap Sungai Sekanak dapat menambah daya tarik yang memikat wisatawan berkunjung ke kota ini serta bisa menunjang pertumbuhan industri pariwisata.

Industri pariwisata di kota ini dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup baik, terbukti banyak berdiri bangunan hotel baru dan restoran. “Untuk meningkatkan kondisi tersebut perlu diimbangi dengan pengembangan wisata air dan daerah tujuan wisata baru, ujarnya.

TEKS/FOTO : ANTARA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *