Jelang Pemilu 2019, Ini yang dilakukan PLN

PALEMBANG   I  KSOL – Menyambut pesta demokrasi pemilihan presiden dan legislatif pada Pemilu 2019 nanti, PT PLN (Persero) UP3 Palembang menggelar Gelar Pasukan dan Peralatan untuk Siaga Listrik dalam rangka Pemilu 2019 di halaman kantor DPRD Sumatera Selatan, Selasa (16/10/2018).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah S2JB Daryono, diwakili Senior Manajer SDM & Umum Ferry Bawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan PLN dalam mendukung suksesnya rangkaian kegiatan Pemilu 2019. 570 personel yang bertugas di lapangan sekaligus memeriksa peralatan untuk mendukung suksesnya pesta demokrasi lima tahunan itu.


“Acara apel gelar pasukan dan peralatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara periodik, namun kali ini menjadi lebih penting karena bertepatan dengan agenda kehidupan bernegara lima tahunan yaitu Pilpres dan Pileg 2019,” katanya saat usai memimpin apel gelar pasukan.

“Kami akan terus berkoordinasi dangan pihak penyelenggara pemilu di kabupaten dan kota di wilayah Sumatera Selatan, antara lain: KPU, Bawaslu dan instansi terkait lainnya untuk memastikan lokasi-lokasi mana yang nantinya akan dijadikan tempat kampanye dan kegiatan-kegiatan lainnya sebagai pendukung acara pilpres dan pileg tersebut”, jelas Ferry. Selanjutnya, kepada seluruh peserta apel, Ferry menegaskan bahwa dibutuhkan kerja keras dari semua pihak untuk memastikan pasokan listrik berjalan dengan baik dan andal. Pekerjaan pemeliharaan harus diatur sedemikian rupa agar tidak mengganggu agenda kegiatan yang ada tanpa menurunkan kualitas keandalan listrik. Komunikasi dan koordinasi harus benar-benar dijalankan sesuai SOP untuk memastikan operasional kelistrikan berjalan dengan baik. Seluruh peralatan harus dipastikan siap dan dapat bekerja dengan baik.

Sementara Manager PLN UP3 Palembang, Joni mengungkapkan bahwa PLN akan bekerja maksimal untuk memastikan pasokan listrik aman selama Rangkaian Kegiatan Pemilu 2019. “Kami akan mensiagakansebanyak 125 pegawai teknik, 570 personil pelayanan teknik, 2 unit mobil Crane, Mobil Ranger untuk respon cepat sebanyak 11 unit, Mobil Operasional Pelayanan Gangguan sebanyak 37 unit, kendaraan roda 2 sebanyak 45 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 30 unit, serta Genset mobile sebanyak 12 unit”, paparnya.


Selain memastikan kesiapan tenaga teknis dan peralatan, PLN juga telah mempersiapkan Standing Operation Procedure (SOP) Pasokan Listrik selama Pelaksanaan dan Siaga PEMILU 2019, serta sarana Komunikasi untuk mempercepat koordinasi dan operasional. “Secara keseluruhan, kita memiliki Posko Utama di PLN UP3 Palembang, 10 Posko ULP dan 38 Posko Kantor Jaga yang meliputi wilayah kerja: Kota Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan sebagian wilayah OKU Timur”, jelas Joni.

“Insya Allah jelang Pemilu 2019 ini kita persiapkan dengan baik, dan semoga tidak ada kendala dan hambatan yang cukup berarti, sehingga Pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan baik dan sukses,” tutupnya.

TEKS : RELEASE PLN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *