Gubernur Herman Deru akan buka LIMA Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018

PALEMBANG  I KSOL  — Gubernur Sumsel Herman Deru, direncanakan pagi ini akan membuka kompetisi futsal antar mahasiswa, yang dikemas dalam Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018 di GOR Dempo, Jakabaring, Selasa (16/10/2018). Hal itu dikatakan Taufik Islah, Ketua Asosiasi Futsal Sumatera Selatan saat melakukan Konferensi Pers di Lantai 3 Hotel Indah Mall, Senin (15/10/2018).

Sampai menjelang H-1 kemarin (Senin/15/10/2018), Taufik menegaskan jika persiapan sudah matang dan siap dilaksanakan, termasuk sejumlah kampus di Palembang yang akan ikut pada gelaran kompetisi futsal yang baru kali pertama kali di Palembang ini.

“Kesiapan itu ditandai dengan kehadiran Bapak Gubernur Sumatera Selatan yang baru Herman Deru. Pak Gubernur insya Allah akan membuka acara LIMA Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018, pada hari ini, Selasa, (16/10/2018) di GOR Dempo, Jakabaring Sport City,” ujarnya, kemarin, Senin (15/10/2018).

Konferensi Pers Liga Mahasiswa (LIMA) Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018 di Lantai 3 Hotel Indah Mall, Senin (15/10/2018). (Foto : KSOL/Anwar Pratama)

Taufik juga menyebutkan sejak kemarin sudah ada beberapa kampus yang menyatakan siap ikut pada kompetisi ini. “Sejauh ini persiapan dari kampus-kampus di Palembang sudah cukup siap, diantaranya Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas PGRI Palembang, Bina Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang dan Universitas Muhammadiyah Palembang.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ryan Gozali, CEO LIMA menyatakan, lembaga yang berdiri pada 15 Mei 2012, berfokus membantu dan membina mahasiswa dan mahasiswi yang punya potensi di bidang olahraga.

“Dalam usaha mengembangkan kemampuan mahasiswa, Liga Mahasiswa berupaya untuk menjangkau seluruh kampus yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Ryan menjelaskan, melalui kompetisi yang akan berlangsung pada 16-22 Oktober ini, setidaknya dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas kehidupan kampus di Palembang, khususnya di bidang olahraga Futsal.

“Dengan slogan awal masa depan, liga mahasiswa, diharapkan dapat menjadi wadah pembentukan human development yang berbasis sosial dari para mahasiswa di Palembang,” ujarnya.

Menurut Ryan, melalui kompetisi yang juga melibatkan wasit berlevel nasional ini, diharapkan setiap kampus yang bertanding akan semakin eksis dan terkenal, seperti yang terjadi pada season-season sebelumnya.

“Kompetisi LIMA diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang memiliki karakter pantang menyerah, berani menang, mampu bekerjasama, sportif dan bermental kesatria,” tambahnya.

Teuku Parvinanda, Head of Regional Corporate Communication GO-JEK for Sumatra menambahkan, GO-JEK memiliki tujuan yang sama dengan LIMA, yaitu membina dan mengembangkan bibit-bibit muda di Indonesia. “Oleh sebab itu GO-JEK siap membantu dan menjadi sponsor utama untuk liga mahasiswa ini,” ujarnya.

Pilihan LIMA dan GO-JEK yang mengusung kompetisi futsal, menurut Teuku karena selain sepak bola, olah raga futsal selama ini sangat dekat dengan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

“Mungkin kita semua bertanya, kenapa GO-JEK dan Liga Mahasiswa di Palembang ini memfokuskan kompetisi di cabang olahraga futsal? Jawabannya, karena selain sepak bola, futsal juga dapat menjangkau seluruh masyarakat khususnya mahasiswa di Palembang,” ujarnya.

Selain itu, Teuku melihat banyaknya bibit unggul yang bertebaran di cabang futsal. Melihat potensi itu, Teuku menyatakan Indonesia di masa mendatang memiliki harapan untuk mendapatkan prestasi melalui cabang olahraga futsal, sebab saat ini futsal sudah menjadi primadona.

Darmansyah, Kepala Bidang Media dan Hubungan Masyarakat KONI Sumsel yang turut hadir pada acara itu menyampaikan apresiasinya terhadap LIMA. KONI Sumsel menurut Darmansyah, menyambut baik atas terselenggaranya LIMA.

“KONI Sumsel sangat antusias dengan terselenggarannya LIMA Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018. Liga seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Palembang, karena sejauh ini kompetisi yang diselenggarakan di Palembang hanya kejuaraan dan turnament tingkat provinsi.”

“Kami juga punya harapan yang sama dengan Asosiasi Futsal Sumatera Selatan, ke depan harapannya supaya pembinaan harus dimulai dari tingkat yang paling bawah dan dilaksanakan dari tingkat lokal kabupaten atau kota, khususnya di Sumatera Selatan,” tambahnya.

tentang LIMA

LIMA merupakan organisasi independen yang bergerak di bidang olahraga. Visi dan misi LIMA menjadi wadah dan tempat berkarya para mahasiswa di Indonesia. LIMA juga berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri, baik hard skill maupun soft skill mahasiswa.

LIMA juga turut berpartisipasi memajukan industri olahraga di Indonesia. LIMA memiliki 6 cabang olahraga yang di pertandingkan; Bulutangkis, Futsal, Basket, Renang, Golf dan Sepak Bola.

Kompetisi yang diselenggarakan LIMA kali ini sudah memasuki season ke VI. Kompetisi season I dilaksanakan pada 2013, dengan 4 cabang olahraga yang di pertandingkan. Season II ada 5 cabang olahraga.

Season III ada 5 cabang olahraga. Season IV ada 5 cabang olahraga dan season ke V juga menggelar 5 cabang olahraga. Memasuki season ke VI , LIMA melebarkan sayapnya di Palembang dengan sponsor utama GO-JEK. Cabang olahraga yang dipilih untuk dipertandingkan di Bumi Sriwijaya adalah futsal, dengan tema “LIMA Futsal: GO-JEK Sumatra Conference 2018”

TEKS : MUHAMMAD RIDHO   I  FOTO : ANWAR PRATAMA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *