Ini Surat Mundur Diri Jack Ma yang Penuh Inspirasi

HANGZHOU    I  KSOL  — Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA) mengumumkan, Senin (9/10), bahwa satu tahun dari sekarang, tepatnya pada 10 September 2019, CEO Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai chairman Alibaba Group. Jack Ma akan selanjutnya bertindak sebagai executive chairman selama 12 bulan ke depan untuk mengawasi transisi estafet kepemimpinan kepada Zhang.

Group hingga digelarnya rapat umum tahunan pemegang saham pada 2020. Ma merupakan mitra abadi dalam Alibaba Partnership dan merupakan anggota komite kerja sama. Alibaba Partnership terdiri dari 36 mitra yang juga merupakan anggota manajemen senior Alibaba Group atau afiliasinya.

Baca Juga: Jack Ma Umumkan akan Pensiun.

Mengacu pada klausul asosiasi Alibaba Group, Alibaba Partnership berhak untuk menominasikan mayoritas direksi perusahaan ini.

Berikut adalah surat dari Jack Ma yang ditujukan kepada konsumen, karyawan, dan pemegang saham Alibaba:

Hari ini, seiring dengan diperingatinya hari jadi Alibaba ke-19, saya ingin mengabarkan berita baik kepada Anda: setelah disetujui oleh dewan direksi, satu tahun sejak hari ini pada 10 September 2019 yang juga merupakan hari jadi Alibaba ke-20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan meneruskan tongkat estafet sebagai chairman Alibaba Group. Selama 12 bulan ke depan, saya akan menjabat sebagai executive chairman untuk memastikan transisi kepemimpinan agar lancar dan sukses. Setelahnya, saya akan tetap berada di lingkaran direksi Alibaba hingga pergelaran rapat pemegang saham tahunan pada 2020.

Saya telah mempertimbangkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama 10 tahun lamanya. Saya lega dapat mengumumkannya hari ini berkat dukungan Alibaba Partnership dan dewan direksi. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan dan keluarga Alibaba karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama Anda selama lebih dari 19 tahun telah menjadikan kami sebagai perusahaan yang besar dan kuat seperti sekarang.

Transisi ini menunjukan bahwa Alibaba telah mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang lebih baik lagi, dari yang sebelumnya merupakan sebuah perusahaan yang bergantung pada satu atau beberapa individu, menjadi perusahaan yang dibangun diatas sistem organisasi yang dengan kultur pengembangan bakat yang baik dan berkesinambungan.

TEKS / FOTO : ROL/ANTARA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *