Tarech Rasyid : KPUD Sumsel Diskriminatif tentang Keterangan Sehat Jasmani-Rohani Caleg

PALEMBANG   I  KSOL  — KPUD Sumsel terkesan ngotot agar persyaratan kesehatan jasmani, rohani dan narkoba dari calon legislatif berasal dari Rumah Sakit Umum Husein dan Rumah Sakit Bari. Sementara surat ketetangan yang berasal dari Rumah Sakit Bayangkara dan Ernaldi Bahar dinyatakan tidak berlaku.

DR Tarech Rasyid, M.si

Menurut Dr. Tarech Rasyid, M.Si., pengamat politiik dari FISIP UIN Raden Fatah Palembang, pernyataan KPUD Sumsel tersebut sangat diskriminatif terhadap institusi kesehatan milik negara tersebut. Apa alasan subtansial surat keterangan sehat rohani dari Rumah Sakit Ernaldi Bahar tidak berlaku. Bukankah institusinya lebih profesional dan kompatibel. Begitu juga Surat Keterangan Jasmani dan Narkoba dari Rumah Sakit Bhayangkara tentu mengedepankan sikap profesional dan bertanggungjawab atas profesinya. Jika tak berlaku surat keterangan dari kedua lembaga tersebut, apa alasan yang mendasar dari KPUD Sumsel.

Dikatakan Tarech Rasyid yang juga dikenal sebagai aktivis NGO/LSM, pihak KPUD Sumsel harus menyadari beberapa caleg yang mengurus persyaratan administrasi tersebut telah mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Berdasarkan data yang dikumpulkan, biaya per orang dalam pembuatan surat keterangan sehat rohani di RS. Ernaldi Bahar, seseorang harus mengeluarkan biaya sebesar rp. 450 ribu. Untuk pendaftaran Rp 50 ribu, dan untuk test membayar rp 400 ribu. Sedangkan uang yang harus dikeluarkan untuk membuat surat keterangan bebas narkoba dan sehat Jasmani di RS. Bhayangkara sebesar Rp. 170 ribu.

Agar tidak mendeskriditkan RS Bhayangkara dan RS Ernaldi Bahar, Tarech Rasyid menyarankan agar KPUD Sumsel menerima persyaratan dari kedua lembaga tersebut. Sebaliknya, jika KPUD Sumsel ngotot tanpa alasan yang jelas maka akan menimbulkan persepsi negatif di kalangan masyarakat bahwa kerjasama KPUD Sumsel dengan kedua rumah sakit yang ditunjuk itu “ada udang dibalik batu.”

TEKS : TIM KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *