Bimtek  tenaga literasi dibuka di Jakarta, Balai Bahasa Sumsel kirim 2 pelaku sastra

JAKARTA  I  KSOL  — Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Literasi resmi dibuka Prof. Dr. Gufron Ali Ibrahim, M.S, Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (9/7/2018).

Dalam sambutannya, Gufron mengatakan kegiatan membaca dan menulis erat kaitannya dengan pengembangan Sumber Daya Mansia (SDM). Menurut Gufron, pentingnya  dua hal itu dibuktikan dengan majunya bangsa yang mampu memajukan aktifitas membaca dan menulis bagi masyarakatnya.

“Oleh sebab itu kegemaran dua hal itu; membaca dan menulis harus dipupuk sejak dini agar pencapaian cita-cita bangsa dalam membangun peradaban dapat tercapai,” ujarnya.

Gufron  menegaskan melalui Bimtek yang digelar 4 hari (9-12/7/2018) diharapkan dapat memberi bekal bagi para peserta, untuk kemudian para pegiat literasi dapat memaksimalkan kesadaran dan kegiatan  literasi di setiap daerah di Indonesia.

Gufron menjelaskan hasil yang diinginkan melalui Bimtek ini, lahirnya tenaga literasi yang andal, fasilitator praktik, baik berliterasi baca dan tulis, serta membudayanya kegemaran literasi baca dan tulis di masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Bimtek, Retno Utami, M.Hum mengatakan acara ini diikuti 70 peserta yang terdiri dari 31 provinsi di Indonesia. Menurutnya, para peserta berasal dari berbagai komunitas literasi non-TBM.

“Peserta yang ikut pada acara ini, kita mengundang  sejumlah komunitas non-TBM dan pegiat literasi yang selama ini sudah peduli  terhadap upaya penumbuhan budaya literasi dalam masyarakat di daerahnya masing-masing,” tegasnya.

Pada acara yanng berlangsung di Hotel Santika Jalan Pintu. I  Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, Balai Bahasa Sumsel, mengirim 2 orang  pegiat literasi di Sumsel, yaitu; Asmadi, salah satu pelaku dan pegiat sastra tutur di Rumah Satra Pagaralam dan Imron Supriyadi, pegiat sastra dari Dangau Sastra Palembang.

TEKS : TIM REDAKSI KSOL – JAKARTA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *