Mudik Lebaran, Supir Bus dan Truk Jalani Test Urine

PAGARALAM  I  KSOL — Upaya mewujudkan kenyaman dan keselamatan penumpang dan sopir bus maupun  supir truk selama arus mudik pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Tim Gabungan Kepolisian Resor (Polres) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pagaralam melaksanakan tes urine dan Tes Layak Jalan Kendaraan di Halaman Kantor Samsat Dusun Karang Dalo Kelurahan Karang Dalo, kemarin.

Menurut Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono SIk MSi mengatakan,  selama arus mudik dan arus balik berlangsung, peranan sopir bus, travel dan truk begitu urgen dalam mewujudkan semua itu di saat berkendara.

“Dikhawatirkan ada supir yang menggunakan narkoba, sementara peranan mereka ini  membawa penumpang dan hal itu tentunya sangat membahayakan penumpang maupun pengendara lainnya. Untuk itu bersama pihak terkait kami melakukan pengecekan test urine terhadap para supir,” terangnya.

Kendati demikian lanjutnya, dari hasil tes urine yang dilakukan, sejauh ini para supir yang dilakukan test urine tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.“Hasil tes yang dilakukan, Alhamdulillah semuanya dinyatakan negatif,” kata Dwi.

Selain tes urine, tim gabungan un melaksanakan tes layak pakai kendaraan yang akan digunakan saat mudik lebaran. “Ya ada beberapa kendaraan yang kami  periksa. Untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sudah di tes langsung dari Kementerian Perhubungan sehingga sudah dinyatakan layak jalan. Sementara untuk minibus ada beberapa sedikit kekurangan, seperti harus melengkapinya wiper, angin ban kurang dan lain-lain,” ujarnya.

Pj Wali Kota Pagaralam Musni Wijaya SSos MSi  begitu berharap pada pelaksanaan tes urine dan tes layak jalan kendaraan ini dapat berjalan sesuai harapan. “Semoga saja perjalanan mudik Idul Fitri 1439 H dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

TEKS : ANTONI STEFEN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *