Palembang Si Venesia Timur Mau Dipulihkan demi Asian Games

PALEMBANG  I  KSOL  — Persiapan kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018, tidak hanya dalam hal venue atau arena perlombaan/pertandingan. Pemerintah setempat merestorasi sungai-sungai di kota itu, sekalian untuk memulihkan identitas Palembang, sebagai kota air dengan julukan Venesia dari Timur.

Salah satu sungai yang direstorasi ialah Sungai Sekanak. Proses restorasi sudah berjalan sejak pekan lalu dan sekarang sudah mulai persiapan pengerjaan fisik.

Menurut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, pekerjaan restorasi Sungai Sekanak telah direncanakan sejak 2016, saat kepemimpinan Wali Kota Harnojoyo. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu hingga tiga bulan.

“Kita berharap, secara fisik dapat selesai saat Asian Games, meski belum selesai 100 persen,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, Ahmad Bastari, pada Kamis 24 Mei 2018.

Restorasi Sungai Sekanak adalah tahap awal perbaikan sungai yang telah dicanangkan wali kota sebelumnya. Pembangunan segera direalisasikan melalui APBD Kota Palembang sebesar Rp7,5 miliar.

Restorasi berlangsung dari kawasan Sungai Sekanak hingga ke Sungai Lambirado di Kecamatan Gandus. Tahap awalnya dimulai 2018, dan terus dikerjakan pada tahun-tahun berikutnya.

Sungai Sekanak hingga Sungai Lambidaro akan digali sedalam dua meter. Kedua sungai diharapkan dapat mengalirkan air pasang dari sungai utama, yaitu Sungai Musi, sehingga tak melimpah ke daratan dan menjadi genangan.

Sungai itu pun diklaim tidak akan kotor, bahkan jernih, karena dilengkapi dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah atau IPAL. Sehingga, akan jadi wisata sungai dan dapat digunakan untuk berlayar.

Untuk merealisasikan proyek itu, sejumlah jembatan yang dilalui sungai akan sedikit dirombak. Jembatan yang sebelumnya datar, akan diubah sedikit melengkung agar perahu atau rakit bisa melintas.

Total ada tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning.

Bastari menjelaskan, untuk proyek percontohan dari Sungai Sekanak ke jalan Merdeka akan selesai sebelum Asian Games mendatang agar bisa dilalui perahu. Sementara itu, kelanjutannya menuju ke Sungai Lambidaro akan selesai pada 2019.

“Kanan dan kiri sisi sungai ini akan dibebaskan dan dibuat jalan, seperti pedestrian dan tengah pengaliran sungai,” ujar Bastari.

TEKS : VIVA  I  FOTO  : NET




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *