Setelah di uji coba, LRT di Palembang ternyata ini hasilnya…

PALEMBANG   I  KSOL  – Uji coba dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, yang dilakukan Senin (21/5/2018) malam berlangsung lancar hingga selesai. Satu trainset kereta yang berisi tiga gerbong rangkaian dilakukan tes dinamis, dengan dijalankan dari Depo Jakabaring menuju Depo OPI Mall secara bolak-balik.

Namun, dengan alasan keamanan, proses uji coba LRT berlangsung secara tertutup bagi masyarakat dan media. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto mengatakan, proses uji coba tes dinamis diikuti oleh beberpa perwakilan pihak yang terlibat, di antaranya PT INKA, LEN, PT KAI dan SMEC.

“Semua perwakilan datang dan melihat tes dinamis semalam masih melakukan uji fungsi terhadap peralatan dan kelengkapan, baik pada sarana maupun sarana LRT, termasuk pengereman,” kata Suranto, Selasa (22/5/2018).

Uji coba LRT Palembang menggunakan listrik dengan tegangan 750 VDC dengan arus 700 ampere dari third rail untuk untuk menggerakkan kereta. “Sebelum dilakukan tes harus diyakinkan dan dicek betul jalur dalam kondisi aman, tidak ada pekerja dan peralatan yang ada di jalur. Setelah itu, tahapan persiapan lain dilakukan dan kereta dijalankan pelan-pelan. Sejauh ini hasilnya baik dan terus dievaluasi,” ujarnya.

TEKS : TIM KSOL/NET  I  FOTO : NET




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *