Usul Naik Pangkat, ASN Wajib Tanam Pohon

PAGARALAM   I  KSOL —Di saat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Pagaralam yang hendak mengajukan kenaikan pangkat, tapi tidak melakukan penanaman bibit pohon dilokasi yang telah ditentukan, tentunya tak dapat meminta rekomendasi telah menanam pohon dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Demikian dikemukakan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Joni SE MM, didampingi Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Gusroni SH MH, kemarin, (Kamis/14/05/2018).

Menurutnya, bagi pegawai yang hendak mangajukan kenaikan pangkat diwajibkan untuk menanam bibit pohon, mengingat hal itu telah diatur di Surat Keputusan Walikota Pagaralam No. 21 Tahun 2017.  “Jika ASN yang bersangkutan tidak melakukan penanaman bibit pohon ketapang kencana  di area yang telah ditentukan, maka ASN tersebut tentunya tidak  dapat mengambil rekomendasi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam,” terangnya seraya menegaskan penanaman bibit pohon merupakan syarat wajib bagi pegawai yang hendak mengusulkan kenaikan pangkat.

Kendati demikian lanjutnya, selain sebagai syarat untuk kenaikan pangkat bagi ASN bersangkutan, melakukan penanaman pohon tentunya begitu bermanfaat bagi kelangsungan lingkungan sekitar dan diharapkan dapat menjadi paru-paru kehidupan bagi masyarakat luas tentunya.

“Ya, kita tengah berupaya mengiatkan kembali penanaman bibit pohon ketapang kencana, mengingat pohon ini sangat baik sekali menjadi pohon pelindung dan melestarikan lingkungan yang ada,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pagaralam,  Nyayu Dwi Lusiana SE melalui Sekretaris Mahendra Oka Wijaya membenarkan bila ada ASN yang ingin naik pangkat wajib tanam bibit pohon, mengingat hali itu telah diatur di SK Walikota Pagaralam No. 21 Tahun 2017. Sementara untuk rekomendasi penanaman pohon dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam.

“Ya, berdasarkan Instruksi Walikota Pagaralam, untuk kelengkapan administrasi penanaman pohon dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup dan wajib dipenuhi semua ASN,” tegasnya.

TEKS  : TONI STEFEN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *