Mahfud MD Ramal Anies Baswedan Calon Kuat Pendamping Prabowo


JAKARTA  |  KSOL  — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Muhammad Mahfud MD memperkirakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan punya peluang paling besar menjadi calon wakil presiden (cawapres). Anies berpeluang besar bersanding dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Mahfud, pamor Anies lebih kuat ketimbang kandidat lainnya, seperti mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang. Dia mengatakan hal itu berdasarkan perkembangan opini publik di media sosial, maupun di media cetak dan elektronik.

“Kalau membaca dari opini publik, di medsos maupun di media lain, nampaknya Anies, baru yang kedua TGB (Tuan Guru Bajang),” kata Mahfud saat ditemui di DPP PSI, Jakarta, Minggu (22/4).

Meski begitu, Mahfud menganggap peluang Gatot untuk mencalonkan sebagai capres maupun cawapres belum tertutup.

Menurutnya, segala kemungkinan dan perubahan dalam perpolitikan tanah air masih cair, dan dapat terjadi dengan cepat meski di menit-menit akhir.

“Pernyataan pak Prabowo sendiri orang yang paling kuat, penopang Pak Prabowo, pak Hasyim mengatakan Prabowo belum tentu calon, sementara Gatot mengatakan ingin calon, itu aja. Cuma ukur dari itu aja, lalu timbul oh mungkin ke sana,” kata dia.


Mahfud juga memprediksi poros ketiga mustahil terbentuk di gelaran pilpres 2019 mendatang. Ia yakin pilpres 2019 bakal diikuti dua pasang kontestan berasal dari poros Jokowi dan poros Prabowo.

“Tapi dugaan saya tinggal dua (pasang kontestan) karena sisa yang belum bergabung ke Pak Jokowi itu tak sampai 40 persen, sehingga hanya tersisa satu. Jadi ada partai yang lepas tapi enggak tahulah siapa saja, yang penting putra terbaik bangsa semua,” ujar Mahfud.

Partai Gerindra sebelumnya menyebut masih ada 15 nama calon wakil presiden (cawapres) harus dipilah buat mendampingi Prabowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra, Ahmad Riza mengungkapkan dari ke-15 nama itu, Anies Baswedan dan Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang digadang menjadi kandidat terkuat mendampingi Prabowo.

TEKS : TIM KSOL/CNN  |  FOTO : DOK.KSOL/CNN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *