Diprediksi Tak Lolos ke DPR, PSI Siap Kerja Keras

JAKARTA   I   KSOL  — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi tak lolos masuk parlemen dalam Pileg 2019 berdasarkan survei Cyrus. Ketum PSI Grace Natalie mengatakan hasil survei itu membuat PSI terpacu untuk bekerja keras.

“Kami tetap optimistis dan semakin terpacu untuk kerja keras untuk meraih suara di atas parliamentary threshold,” ujar Grace saat dihubungi detikcom, Jumat (20/4/2018).

Grace mengatakan saat ini PSI memilik tugas memperkenalkan partainya kepada publik. Salah satunya dengan perekrutan calon anggota legislatif yang transparan.

“Tantangan kami hari ini adalah bagaimana agar publik mengetahui pembaruan politik yang PSI lakukan. Manajemen partai yang profesional, perekrutan caleg yang profesional dan transparan, membangun teknologi informasi agar masyarakat bisa selalu mengawasi kinerja anggota Dewan, politik meritokrasi, dan sebagainya,” papar Grace.

Menurutnya, jika mengetahui cara kerja PSI, publik akan memilih dan mendukung PSI. Grace mengatakan masuk-tidaknya PSI dalam DPR tergantung proses yang dijalankan.

“Saya yakin jika publik mengetahui hal-hal ini, publik akan mendukung dan memilih PSI. Saat ini memang publik masih banyak yang belum tahu tentang PSI dan apa yang sedang kami lakukan,” tuturnya.


Grace menyebut adalah hal yang wajar elektabilitas PSI masih rendah karena merupakan partai baru. Namun itu tak akan membuat PSI patah semangat.

“Oleh karena itu, tidak heran jika elektabilitasnya masih rendah. Kami optimistis dan terus bekerja keras, output ditentukan oleh proses, bukan ‘nasib’ atau ‘takdir’, ” sebut Grace.

Senada dengan Grace, Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan partainya optimistis menaikkan elektabilitas. Menurut dia, banyak orang tak yakin PSI dapat lolos verifikasi, tapi nyatanya PSI lolos menjadi peserta pemilu.

“PSI generasi optimis. Kami optimis elektabilitas PSI akan terus naik, masih ada waktu setahun untuk berjuang. Dulu juga banyak orang nggak percaya PSI lolos verifikasi, ternyata lolos kan,” ungkap Raja Juli terpisah.

Survei Cyrus merilis elektabilitas parpol untuk DPR RI. Disebutkan ada sebagian partai yang perolehan suaranya tak terdongkrak dan malah terancam gagal ke parlemen karena tak bisa mencapai ambang batas capres sebesar 4% suara sah nasional Pileg 2019.

Hasil survei Cyrus itu adalah sebagai berikut:

1. PDIP 26,9%
2. Partai Golkar 11,5%
3. Partai Gerindra 11,5%
4. PKB 7,3%
5. Partai Demokrat 5,0%
6. PPP 4,3%
7. Partai Perindo 4,3%
8. PKS 3,5%
9. Partai NasDem 3,3%
10. PAN 1,5%
11. Partai Hanura 1,0%
12. Partai Berkarya 0,8%
13. PSI 0,3%
14. Partai Garuda 0,3%
15. PBB 0,2%
Belum memutuskan 13,6%
Tidak memilih 0,8%
Rahasia/tidak menjawab 3,8%

TEKS : DETIK

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *