Perfilman Nasional Berduka lagi, Aktor senior Deddy Sutomo Meninggal

JAKARTA  I  KSOL  — Aktor senior Deddy Sutomo dikabarkan meninggal dunia di usia 76 tahun, Rabu (18/4) pagi. Jenazah pemain film ‘Mencari Hilal’ ini disemayamkan di rumah duka di bilangan Rempoa, Kota Tangerang Selatan.

Aktor senior Tio Pakusadewo mengabarkan kabar duka tersebut melalui akun Instagram miliknya dengan mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) mendiang Deddy.
Deddy Sutomo merupakan aktor senior yang terkenal bermain dalam film Pandji Tengkorak pada dekade 1970-an. Ia juga bermain dalam film Tutur Tinular III pada 1992, dan Maskot pada 2006.

Karya Deddy dalam beberapa tahun terakhir adalah film Menebus Impian (2010), Tanda Tanya (2011), Ayat-Ayat Adinda (2014), dan Mencari Hilal (2015).

Deddy juga tercatat pernah mencoba untuk berkarier politik dengan duduk dalam Majelis Perimbangan Partai PDIP Perjuangan dan sempat terpilih menjadi anggota DPR RI untuk Komisi X.
Deddy tercatat telah membintangi sekitar 44 judul film dan dua serial televisi.

Ia pun pernah meraih piala Citra untuk kategori Aktor Utama Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 berkat perannya dalam film Mencari Hilal.

Dalam film yang menuntut ia beradu akting dengan Oka Antara itu, Deddy berperan sebagai Mahmud yang berusaha untuk menerapkan ajaran agama Islam dengan sempurna.
Namun ia mulai menemukan kegelisahan ketika mengetahui bahwa Kementerian Agama menghabiskan dana milyaran rupiah untuk melaksanakan sidang Isbat.

Untuk membuktikan bahwa ibadah tidaklah dalam rangka memperkaya diri, maka Mahmud menjalankan kembali tradisi mencari hilal seperti yang ia lakukan saat masih di pesantren dulu.

TEKS : TIM KSOL/IMRON   I   FOTO  : NET




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *