Setelah dirangkai, PT INKA siap uji coba LRT Palembang


PALEMBANG    I  KSOL — PT INKA (Persero) telah mengirmkan rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) ke Palembang, Sumatera Selatan. Kereta LRT ini akan dipakai untuk uji coba sebelum resmi beroperasi saat Asian Games.

Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari mengatakan ada enam gerbong yang dikirim PT INKA dari Madiun, Jawa Timur pada Sabtu (7/4). Rangkaian kereta LRT akan tiba dalam 5 hari ke depan di Pelabuhan Boom Baru, Palembang.

“Kereta yang datang itu ada dua train set, satu train set ada tiga gerbong. Estimasi tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang itu pada tanggal 15 April. Langsung nanti dirangkai dan dilakukan uji coba dinamis oleh PT INKA,” terang Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari dikonfirmasi detikcom, Selasa (10/4/2018).

Setelah proses uji coba dinamis selesai, kereta rencananya langsung dilakukan uji coba diatas track di sepanjang jalur zona V. Untuk uji coba jalur LRT secara keseluruhan, diperkirakan dimulai pada akhir Mei mendatang.

“INKA akan persiapan dulu, masih harus merangkai gerbong dan melakukan uji dinamis, uji trek dan kelistrikan. Saya kira akhir bulan ini sudah uji coba trek yang ada di zona V. Setelah itu selesai, baru lanjut uji coba trek secara keseluruhan,” kata Masudi melanjutkan.


Menurut Masudi, jumlah train set yang nanti digunakan untuk LRT Palembang sebanyak delapan train dengan total 24 gerbong. Masing-masing train memiliki tiga gerbong dengan jumlah penumpang 200-300 orang.

Menjelang perhelatan Asian Games pada Agustus mendatang, PT Waskita Karya sudah mulai fokus melakukan perbaikan taman, serta jalan rusak akibat proyek. Pada akhir Mei seluruh jalan rusak yang ada di sepanjang jalur LRT dipastikan sudah mulus.

Begitu juga dengan trek dan lintasan LRT yang saat ini progresnya telah mencapai 99 persen. Trek dan lintasan saat ini hanya tinggal proses finishing.

“Untuk trek itu sudah selesai 99 persen, dipastikan sebelum Mei sudah selesai semua. Sekarang kita kerjakan dibagian bawah, fokus pengerjaan taman dan jalan aspal supaya mulus sebelum akhir Mei,” kata Masudi.

TEKS / EDITOR : TIM KSOL/DTK I  FOTO  : DOK. KSOL/DTK


 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *