LRT-nya belum datang, Gerbong dulu jadilah ke Palembang


PT INKA (Persero) mulai mengirimkan gerbong kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) ke Palembang, Sumatera Selatan yang akan dioperasikan sebagai moda transportasi pendukung kegiatan Asian Games 2018.

Senior Manager Secretary, Public Relations, and CSR PT INKA (Persero) Cholik Mochamad Zam Zam mengatakan terdapat delapan trainset (rangkaian) yang akan dikirimkan secara bertahap.

“Mulai awal April ini akan dikirim sebanyak empat trainset. Saat ini baru dua trainset yang sudah terkirim dan akan menjalani uji dinamis di lintas,” ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (10/4).

Dari total pemesanan mencapai delapan trainset dengan 24 kereta, pengiriman akan dilakukan secara bertahap hingga terakhir Juni mendatang.


LRT Palembang Sumatera Selatan akan digunakan sebagai moda transportasi pendukung Asian Games 2018. Nantinya, LRT tersebut akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring yang akan digunakan sebagai arena untuk perhelatan Asian Games 2018, hingga Depo LRT yang berada di Ogan Permai Indah.

LRT merupakan kereta berteknologi baru di Indonesia, yakni menggunakan motor listrik sebagai penggerak. LRT dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik, serta menggunakan badan kereta dengan material berupa aluminium double skin atau ekstrusi.

Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car.

Dari sisi kenyamanan, selain terdapat AC (air conditioning), LRT ini juga dipasang kaca jendela dari jenis safety glass (tempered) dan dilaminasi anti-UV 60 persen sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. “Tingkat kandungan lokal atau dalam negeri dari produk LRT ini mencapai kurang lebih 45 persen,” ucapnya.

Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang duduk maupun penumpang berdiri.

TEKS : TIM KSOL/CNN    I  FOTO  : NET 


 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *