Ini Para Jagoan PLN yang Bisa Bekerja Tanpa Padam

PALEMBANG  I  KSOL  – Dalam memenuhi komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, PT PLN (Persero) memiliki Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang bekerja tanpa padam saat pemeliharaan transmisi di Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Tim PDKB ini merupakan tim yang dibekali keterampilan khusus dan dilengkapi dengan perlengkapan serta Standing Operation Prosedur (SOP) yang sudah terstandarkan untuk pelaksanaan pekerjaan dalam kondisi jaringan bertegangan.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada PDKB merupakan hal mutlak harus dipenuhi baik pada personil, peralatan dan sistem instalasi yang dikerjakan.

“Kalau untuk Area Palembang PDKB ada satu tim yang jumlah personilnya 7 orang, masing-masing mempunyai peran tersendiri yaitu pengawas K3, pelaksana yang mengerjakan bagian persiapan di atas jaringan dan di bawah (ground),  khusus kepala regu untuk pengawasan pelaksanaan dan pengawas K3 mengawasi keselamatan dari personil,” ujar Joni Manager PT PLN Area Kota Palembang kepada wartawan, Jumat (6/4/2018)

Lebih lanjut Joni mengutarakan, Tim PDKB Area Palembang melayani 10 rayon yaitu Tugumulyo, Indralaya, Kayu agung, Sekayu, Pangkalan Balai, Mariana dan 4 rayon yang masuk dalam kota Palembang meliputi Rayon Kenten, Sukarami, Ampera dan Rivai.

Terakhir menurut Joni, Personil PDKB juga membuat jadwal pekerjaan kemudian dimintakan persetujuan kepada Unit PLN terkait serta melakukan pekerjaan sesuai jadwal pekerjaan yang telah disetujui.

“Cuaca dan kelembaban udara diperhatikan sebelum dilaksanakannya pekerjaan PDKB. Pengawas pekerjaan dan Pengawas K3 berkoordinasi dengan Unit PLN terkait mengenai kapan pekerjaan akan dimulai dan diakhiri, kondisi kelistrikan dan apabila terjadi keadaan darurat,” tegasnya.

TEKS / EDITOR : TIM KSOL I  FOTO  : DOK. KSOL/PLN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *