Bacaleg PSI Palembang Harus Siap Terjun ke Masyarakat

PALEMBANG I  KSOL —  Manjadi calon legislatif (caleg) di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak bisa hanya bermodal duit semata. Elektabilitas sosok bakal calon legislatif (bacaleg) juga akan diuji, baik secara administratif, faktualitas dan elektabilitas.

“Tidak bisa kalau tiba-tiba Anda datang ke PSI dan bilang dengan pengurus, Bro gua mau nyaleg, terus ngomong berapa duit harus gua bayar, yang penting gua nomor satu. Gaya ini di PSI tidak berlaku,” ujar Bro Debby Susanto, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Sumsel, pada saat Kopi Darat (kopdar) bersama kader, pengurus dan bacaleg PSI Kota Palembang, Jumat (6/3/2018).

Menurut Bro Debby–panggilan akrab di internal PSI–setiap bacaleg secara konseptual harus teruji. Mengetahui persoalan masyarakat di masing-masing Daerah Pemilihan (dapil)-nya menjadi faktor penting yang harus diketahui, sekaligus mencari solusi.

“Oleh sebab itu, setiap bacaleg PSI harus siap terjun ke masyarakat, mencari persoalan dan solusinya apa? Ini yang kelak akan menjadi agenda setiap caleg PSI yang akan duduk di kursi parlemen,” tegas Bro Debby.

Ditanya tentang bagaimana mencari persoalan di setiap dapil, Bro Debby menjelaskan hal itu dapat dilakukan oleh masing-masing  caleg. Setiap Caleg, wajib mengetahui persoalan di dapilnya, sekaligus mencari metode dan cara mengatasinya.

“Selama ini, pasti Bro dan Sis sedikit banyak merasakan persoalan apa yang dikeluhkan masyarakat. Bisa masalah birokrasi, layanan publik dan lainnya. Ini yang harus didata dan dicari jalan keluarnya oleh bacaleg PSI,” ujarnya.

Pada kopdar malam itu, persoalan klasik juga masih menjadi bahasan serius, yaitu masalah dana kampanye dan sosialisasi masing-masing caleg. Oleh sebab itu, Bro Debby malam itu kemudian menjelaskan tentang bagaimana menggalang dana bagi para bacaleg PSI.

Salah satu diantaranya dengan Kartu SAKTI (Solidaritas Anti Korupsi dan Intoleransi), yang akan  dirangkai pada Malam Solidaritas & Peluncuran Kartu Solidaritas Anti Korupsi dan Intoleransi (Kartu SAKTI)  oleh DPP & DPW Partai Solidaritas Indonesia, pada Kamis 12 April 2018, pukul 18.30 – selesai Grand Ball Room Selebriti Entertainment Center Jl. Veteran No. 45 Palembang.

Dijadwalkan ada acara itu, akan hadir Sis Grace Natalie (Ketua Umum PSI), Sis Tsamara (Ketua DPP PSI), Bro Giring Ganesha ex.Nidji (Caleg DPR RI PSI),  Bro Alvin (Ketua DPW PSI Sumsel) dan jajarannya.

Bro Debby meyakinkan, masih banyak orang baik yang memiliki kemampuan dana, tetapi mereka sedang mencari lembaga yang tepat untuk menyalurkan. “Nah, ini peluang bagi Bro dan Sis untuk mengajak mereka untuk hadir pada malam solidaritas, sekaligus membeli Kartu Sakti, sebagai bentuk partisipasi penyandang dana untuk PSI di masa mendatang,” tegasnya.**

TEKS : TIM KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *