Ini Penyebab Padam Listrik Di Sebagian Wilayah Kota Palembang

PALEMBANG   I  KSOL — Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Palembang pada Senin (2/4/2018) membuat tiang listrik dan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Kota Palembang.

Kejadian tersebut membuat aliran listrik di sejumlah wilayah padam. Total ada 19 penyulang (jalur tegangan 20 Kilo Volt) di Kota Palembang yang mengalami gangguan. Daerah yang terdampak pemadaman antara lain Lematang, Boom Baru, Sekojo, Lemabang, dan lainnya.

“Seperti di daerah Lemabang banyak pohon-pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN, sehingga menyebabkan beberapa jaringan terkena dampaknya,” ujar Joni Manajer PLN Area Palembang saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (3/4/2018).

Pasca kejadian tersebut pihak PLN Area Palembang langsung mengerahkan sebanyak lima regu tim yaitu Tim Ranger, ROW, HAR, dan Tim Rayon dari Palembang sendiri yang bekerja hingga selesai.

“Alhamdulillah 5 (lima) tim dari PLN langsung terjun ke lapangan dan langsung melakukan perbaikan hingga tengah malam, dan saat ini tinggal beberapa lokasi seperti di daerah Lemabang yang mengalami kerusakan cukup parah sedang dalam proses penyelesaian pekerjaan oleh petugas,” ungkap Joni.

Dijelaskan Joni, mayoritas penyebab utama pemadaman dikarenakan banyaknya pohon yang tumbang dan mengenai jaringan PLN, contohnya seperti di daerah Lemabang, Simpang Empat Kalidoni, Simpang Kandang Kawat, Pakri, dan Simpang Celentang.

“Kasus yang lebih parah terjadi di Seberang Ulu, ada lima tiang yang roboh sekaligus mengenai trafo yang diakibatkan oleh pohon tumbang,” tambah Joni.

Sebagai langkah antisipasi, ke depannya PLN akan terus memaksimalkan petugas ROW untuk menebang pohon yang berada di sekitar jaringan PLN dan berpotensi menimbulkan gangguan.

Lebih lanjut Joni menyampaikan bahwa akibat cuaca buruk kemarin sore, selain menyebabkan gangguan jaringan tegangan 20 Kilo Volt, juga mengakibatkan banyak terjadi gangguan di sisi tegangan rendah. “Banyak sekali laporan pengaduan yang masuk ke Contact Center PLN 123, dimana sebagian besar melaporkan adanya gangguan pada jalur yang mensuplai ke rumah-rumah. Dan kita mengharapkan masyarakat tidak segan melaporkan ke CC 123 apabila masih ada yang padam. Akan kita coba layani segera mungkin”, tutup Joni.

TEKS : TIM KSOL/PLG   I  FOTO : DOK. PLN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *