Bakso Granat Mas Aziz, Jumat berbagi di Rumah Tahfidz Rahmat Palembang

PALEMBANG  | KSOL – Waktu Ashar baru saja berlalu.  Puluhan santri dan pengelola Rumah Tahfidz (RT) Rahmat Palembang baru saja menyelesaikan shalat ashar berjamaah, Jumat (23/3/2018) sore.

Usai shalat ashar, seperti biasanya Dedy Irawan Al-Hafidz, salah satu pembina  santri hafidz (calon penghafal quran) di RT Rahmat, kemudian memimpin santri berdizkir asmaul husna dan dilanjutkan  dengan membaca Suroh Al-Waq’iah bersama.

Suroh Al-Waqiah terus mengalun. Dari balik jendela, terlihat di luar ada sebuah mobil minibus memasuki halaman RT Rahmat. Persis di depan gerbang RT Rahmat. Tak lama kemudian beberapa orang turun dan masuk ke halaman depan RT Rahmat.

Imron Supriyadi, S.Ag, M.Si, Pimpinan dan penganggngjawab RT Rahmat  Palembang kemudian menyambut kedatangan mereka. Kali itu, Imron baru ingat dengan kiriman WA tentang rencana kunjungan  Mas Aziz, Owner Bakso Granat Palembang ke RT Rahmat. Tepat dugaan Imron, lima orang yang datang adalah tim Bakso Granat Palembang. “Pak ustadz, kami mohon izin mau shalat dulu,” ujar Mas Aziz saat bersalaman dengan Imron, di halaman RT Rahmat.

SILATURAHMI – Pengelola Rumah Tahfidz Rahmat, Imron Supriyadi (batik hijau) dan Deddy Irawan (batik merah) menerima tim Bakso Granat Mas Aziz di RT Rahmat dalam silaturahmi, (Jumat/23/03/2018) (Foto.Dok.Tim Bakso Granat Palembang).

Di tengah alunan ayat Al-quran suroh Al Waqi’ah, sejumlah anggota tim Bakso Granat kemudian menunaikan shalat Ashar.  Ada saja diantara santri yang kemudian berbisik.  “Itu Mas Aziz Bakso Granat,” bisik santri kepada santri lainnya.

Di antara santri  RT Rahmat  memang sudah kenal sebelumnya dengan Mas Aziz. Sebab, jauh sebelum mereka datang ke RT Rahmat, puluhan santri RT Rahmat sudah pernah diundang  Mas Aziz ke Bakso Granat untuk buka bersama, sekaligus memperingati HUT Bakso Granat Palembang beberapa bulan lalu. Wajar bila kali itu, wajah Mas Aziz  tidak asing lagi bagi santri-santri RT Rahmat.

Bahkan Mas Aziz juga masih mengenali beberapa santri yang ketika itu datang dalam HUT Baksop Granat. Tak ayal, gayung pun bersambut. “Kalau saya yang ingat dengan yang gendut ini,” ujar Mas Aziz menunjuk  Uwais Al Qorni, salah satu santri yang punya postur tubuh gemuk. Kontan saja kelakar Mas Aziz ini jadi gelak tawa para santri.

KULTUM – Tampak Muhammad Ilham,(berdiri) salah satu santri RT Rahmat Palembang menyampaikan Kultum saat menerima kunjungan Bakso Granat Mas Aziz, Jumat (23/03/2018) (Foto.Dok.Bakso Granat Palembang)

Tak luput dari ingatan Mas Aziz, juga sosok santri lain yang pernah ceramah di Bakso Granat. Mas Aziz akrab menyebutnya ustadz.  “Nah, ini satu lagi saya ingat dengan Pak Ustadz kita, yang pernah ceramah,” ujar Mas Aziz yang menunjuk Muhammad Ilham, salah satu santri RT Rahmat yang selalu percaya diri ceramah di depan umum, meski masih dalam belajar.  Kali itu, dengan bahan yang seadanya, Ilham kemudian didaulat menyampaikan kultum di hadapan santri dan para tamu dari Bakso Granat.

“Saya itu kangen dengan Pak Ustadz ini, jadi saya minta tolong  untuk menyampaikan kultum tentang pentingnya membaca Al-quran, supaya kami ini juga rajin membaca Al-quran,” ujar Mas Aziz serius.

Agak malu dan ragu, tapi Ilham kemudian berdiri. Dari parasnya, kali itu Ilham rasa tak percaya kalau sore itu, dirinya diminta Mas Aziz untuk menyampaikan kultum berkaitan dengan pentingnya membaca dan menghafal Al-quran.

Meski tidak komplit, Ilham dengan penampilan seperti da’i cilik tampil pe-de. Hanya beberapa menit kemudian Ilham menyudahi kultumnya. Ilham menyampaikan pahala orang yang membaca Al-quran.

“Membaca Al-quran pahalanya sangat besar. Membaca satu huruf saja pahalanya sepuluh, bagaimana kalau lebih dari sepuluh? Misalnya  kita membaca : Alif-Laaam-Miiim, itu tiga huruf. Jadi pahalanya sudah tiga puluh. Lalu baca lagi : dzalikal kitaa bula roibafiih.., nah pahalanyo itunglah dewek,” ujar ilham sembari berkelakar, yang ditingkahi gelak tawa santri dan para tamu yang hadir.

BERBAGI PECI – Mas Aziz, Owner Bakso Granat Palembang (kaos hitam), menyerahkan secara simbolik puluhan peci warna hijau kepada RT Tahfidz Rahmat diwakili Dedy Irawan Al-Hafidz (batik merah), Jumat (23/03/2018) (Foto.Dok.Bakso Granat Palembang)

FOTO BERSAMA – Tim Bakso Granat foto bersama dengan santri dan pengelola  RT Rahmat Palembang, Jumat (23/03/2018) (Foto.Dok.Bakso Granat Palembang).

Suasana sore itu  kemudian dirangkai dengan membaca Suroh Yasin, dzikir Asmaul Husna dan diakhiri dengan doa untuk Mas Aziz dan keluarga besar Bakso Granat.  Baik karyawan, staf dan pelanggan yang hobi makan Bakso Granat.

Usai doa, Mas Aziz berharap agar silaturahmi yang terjalin ini akan terus berjalan, seiring dengan program Bakso Granat berbagi, setiap Hari Jumat, salah satu diantaranya berbagi peci dan makan bakso bersama dengan para santri.

BANTUAN PELANGGAN – Bakso Granat menyampaikan bantuan dari para pelanggan Bakso Granat kepada RT Rahmat diserahkan oleh Mbak Robia (jilbab hijau) yang diterima oleh Ustadzah Pustrini Hayati, S.Pd.I (jilbab coklat muda), salah satu pendidik di RT Rahmat, Jumat (23/03/2018) (Foto.Dok.Bakso Granat Palembang).

Kali itu, puluhan santri RT Rahmat kemudian secara bersama makan bakso, sebagai bonus gratis dari Bakso Granat. “Kita mendoakan kepada  Bakso Granat dan keluarga besar Mas Aziz, bisa mengembangkan bisnisnya, dan mendapat keberkahan dunia ahirat dari Allah Swt, Amiin,” ujar Imron yang juga dosen Fakultas  Dakwah dan Komunikasi  Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.


MAKAN BAKSO BERSAMA – Para santri RT Rahmat dan Tim Bakso Granat Palembang makan bakso bersama, Jumat (23/03/2018). (Foto.Dok.Bakso Granat Palembang).

Bukan  hanya bakso, kali itu, Bakso Granat Mas Aziz, juga bagi-bagi peci berwarna hijau TNI, sesuai dengan nama Baksonya : GRANAT, salah satu alat perlengkapan bagi TNI saat melakukan perang di medn juang.  Tapi santri-santri RT Rahmat tak sempat bertanya kepaad Mas Aziz, mengapa nama usahanya disebut : Bakso Granat.

Dalam hati para santri hanya berucap : “Mas Aziz, terima kasih bakso dan pecinya, semoga berkah dunia dan akhirat. Amiin,“ ujarnya.**

TEKS :  FISIKA FIKRI  |  EDITOR  :  TIM KSOL  |  FOTO : DOK.BAKSO GRANAT/ MAS AZIZ

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *