PALI siapkan Batik untuk tamu Asian Games

PALI   I  KSOL  – Meskipun akan menginjak usianya yang ke lima tahun, ternyata Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sendiri patut diperhitungkan masyarakat luas terutama wisatawan, ‎untuk menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi wisatawan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan di Indonesia.

Bukan hanya Candi Bumi Ayu, yang berlahan terkenal hingga tingkat nasional. Namun, di Bumi Serepat Serasan ini juga terdapat pengelolaan pembuatan kerajinan batik khas daerah dengan berbagai motif yang belum pernah dibuat di daerah-daerah lain, dan dengan pewarnaan alami.

Dimana, batik khas daerah Kabupaten PALI, yang diciptakan Ketua TP PKK Kabupaten PALI, Ir Hj Sri Kustina ini sengaja memunculkan berbagai motif yang memang menjadi andalah daerah ini seperti, pohon karet, pohon sawit, ornamen Candi Bumi Ayu, kampung manis, ikan toman, teratai candi, dan lainya yang akan terus diciptakan.

Bupati Ir H Heri Amalindo MM sangat mengapresiasi apa yang telah diperbuat TP PKK Kabupaten PALI, yang terus berusaha mengembangkan kerajinan batik khas Daerah Otonomi Baru (DOB) ini ke masyarakat luas agar bisa lebih dikenal dan lebih maju lagi kedepanya di tengah masyarakat luas.

“Kita ingin mengajak masyarakat Kabupaten PALI untuk semakin mencintai batik. Karena batik merupakan budaya yang harus kita jaga, dan kita lestarikan agar budaya yangtelah mendunia ini tidak termakan oleh waktu dan zaman dalam perkembangannya dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas PUBM Provinsi Sumsel ini, se‎bagai kabupaten yang baru menginjak usianya yang ke tiga tahun, tentu pihaknya memerlukan ciri khas suatu daerah. Dan salah satunya ialah dengan batik khas Kabupaten PALI, yang bisa diangkat ke level yang lebih tinggi dalam memperkenalkan Bumi Serepat Serasan ini.

“Kita tahu bersama, batik adalah budaya Indonesia. Namun, setiap daerah tentunya harus memiliki motif atau corak batik yang unik, sebagai ciri khas Kabupaten PALI.  Kita ingin mendorong kreatifitas warga agar lebih maju dengan menjadikan batik khas ini sebagai usaha rumahan yang mampu memberikan manfaat ekonomi,”lanjutnya.

Dalam rangka menymbut pegelaran akbar Asian Games 2018, kerajinan khas Kabupten PALI akan disuguhkan untuk turut tampil, terutama batik khas yang telh dimiliki saat ini. “Tentunya batik khas PALI akan kita suguhkan dalam Asian Games 2018 ini. Karena ini kesempatan emas kita dalam mempromosikanya, agar lebih luas dikenal masyarakat mancanegara,” pungkasnya.

TEKS : TIM KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *