Tak ada kampanye di lapangan Merdeka Kota Pagaralam

PAGARALAM  I  KSOL — Upaya mensterilkan dari hal-hal yang berbauh kampanye terhadap keberadaan Alun-alun Utara atau Lapangan Merdeka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam akhirnya memutuskan hal dimaksud dengan dituangkan dalam sisipan lampiran tambahan SK Nomor 18 tahun 2018 yang dikeluarkan KPU Kota Pagaralam.

SK Nomor 18 Tahun 2018 terjadi perubahan lokasi rapat umum di wilayah Kecamatan Pagaralam Utara. Dalam keputusan sebelumnya lokasi kampanye berupa rapat umum, dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kelurahan Beringin Jaya. Setelah direvisi, lokasi rapat umum di Pagaralam Utara ditetapkan di Lapangan SMPN 2 Pagaralam, Kelurahan Bangun Rejo.

“Ya, kita sesuaikan dengan Peraturan Walikota Pagaralam yang menyebutkan Lapangan Merdeka tidak boleh dijadikan sebagai lokasi kampanye,” kata Irfan Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, kemarin, Selasa (14/3/2018).

Menurutnya, pihak KPU merevisi keputusan mengenai jadwal dan titik kampanye Pilkada 2018. Selain menambahkan jadwal kampanye tatap muka dan dialogis pada malam hari, keputusan edisi revisi ini juga mengubah lokasi rapat umum. Termasuk pula, debat publik juga diundur.

Ia mengatakan, Jadwal kampanye tersebut dapat berupa tatap muka dan dialogis pada malam hari. Ini sesuai dengan hasil kesepakatan bersama yang didapat dalam rapat koordinasi pada Kamis lalu (8/3). Melalui putusan ini, maka rapat terbuka dan dialogis sudah bisa dilakukan pada malam hari, tapi  harus tetap mengikuti ketentuan yang telah disepakati.

“Perlu diketahui, KPU sudah mengirimkan dua buah SK hasil revisi itu kepada semua pihak terkait, mulai dari Paslon, Panwaslu, Polres, Badan Kesbangpol dan Sat Pol PP. Melalui putusan tersebut diharapkan agar dapat dibaca, dipahami serta dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Panwaslu Kota Pagaralam, Ihwan Nopri, membenarkan bila pihaknya telah mendapat informasi terkait adanya perubahan jadwal dimaksud. “Kendati demikian,  pihak Panwaslu Kota Pagaralam akan selalu melakukan pengawasan,” tegasnya.

TEKS :  PALEMBANGPRO.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *