Lurah Nendagung : Jadikan Kebersihan sebagai Kewajiban dan kebutuhan bersama


PAGARALAM  |  KSOL  – Selain menjadi kewajiban, upaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar hendaknya menjadi kebutuhan. Sebab itu, marilah meningkatkan kesadaraan dalam membiasahkan diri untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Langkah dimaksud setidaknya untuk menghindari berbagai kemungkinan timbulnya bibit-bibit penyakit yang selalu siap mengintai dan sudah selayaknya dibiasakan demi terwujudnya kenyamanan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal,” ujar Lurah Nendagung, Mauludin, belum lama ini (3/2018).

Dikatakannya, untuk merubah prilaku seseorang akan kesaradaran terhadap lingkungan memang tergolong sulit. Namun setidaknya marilah membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing demi terwujudnya pola hidup sehat.

“Semenjak diterapkan kegiatan bakti sosial setiap satu pekan sekali dengan melibatkan perangkat RT/RW dan warga, tingkat kesadaran yang dimiliki  mulai tumbuh dan patut di intensifkan kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Mauludin, pihaknya tengah berupaya melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar dengan mengangkut berbagai  sampah plastik maupun kertas yang banyak berserakan di sejumlah saluran dreinase dan diposisikan pada bak-bak penampungan yang telah disediakan. Termasuk pula melakukan tebas bayang atau memotong rumput  disepanjang sisi jalan berikut melakukan penanaman bibit pohon.

“Menerapkan pola hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran terhadap  lingkungan memang perlu digiatkan. Apalagi melalui kepedulian  ataupun kegiatan kerja bakti massal ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan dan perbaikan sarana prasarana,” paparnya seraya berharap dalam meningkatkan derajat kesehatan maupun mendukung program pemerintah, tingkat kepedulian terhadap keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal sudah selayaknya diposisikan menjadi kebutuhan bersama.

Ditambahkan Ketua RT 03 Kelurahan Nendagung, Matsohan mengatakan, kegiatan yang telah diterapkan selama ini merupakan kewajiban bersama dan mesti ditingkatkan lagi.

“Kami berharap agar kebiasaan ini hendaknya  terus diterapkan dalam menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan masing-masing secara terus menerus,” pesannya seraya mengatakan kita menggalakan kebersihan lingkungan sekitar untuk memotivasi maupun mendorong warga lainnya agar dapat lebih peduli terhadap lingkungan secara rutin, karena kebersihan itu merupakan tanggung jawab bersama.

TEKS : ANTONI STEFEN  I  EDITOR  : TIM KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *