Twitter akan Beri Centang Biru untuk Semua Pengguna

JAKARTA  I  KSOL — Fitur “verified” yang ditandai dengan centang biru akan dibuka untuk semua pengguna Twitter. Hal ini disampaikan oleh CEO Twitter Jack Dorsey saat melakukan Periscope livestream.

Sebelumnya, akun dengan tanda centang biru ini hanya berlaku untuk akun-akun dengan follower yang banyak, seperti tokoh publik, selebriti, atau orang terkenal lainnya.

Pengguna yang ingin mendapat tanda ini mesti mengajukan permintaan ke Twitter untuk mendapat tanda centang biru tersebut. Twitter lantas akan melakukan evaluasi apakah pengguna “pantas” untuk mendapat centang biru itu atau tidak.

“Tujuannya adalah untuk membuka verifikasi untuk semua orang,” jelas Dorsey. “(Sehingga) orang bisa memverifikasi lebih banyak fakta soal diri mereka sendiri dan kami tak perlu menghakimi atau memberi bias di sisi kami.”

Namun, ia tak mengelaborasi lebih jauh bagaimana mekanisme pemberian centang biru untuk umum ini akan dilakukan.

Kebijakan pemberian centang biru kepada semua pengguna ini dilakukan karena terdapat perbedaan persepsi antara Twitter dengan pengguna. Twitter menganggap centang biru sebagai identitas. Sementara pengguna menganggap centang biru sebagai jaminan kepercayaan.

“Kami menggunakan (lambang itu) sebagai identitas,” jelas David Gasca, Direktur Produk Twitter. “Tapi pengguna berpikir tanda ini sebagai kredibilitas, Twitter berpihak kepada mereka, dan apa yang mereka katakan hebat dan otentik. Padahal bukan itu maksud kami,” demikian dikutip The Next Web.

Dengan memberi kebebasan pengguna untuk menggunakan centang biru di akunnya, Twitter menyerahkan tanggung jawab kredibilitas suatu akun kepada pengguna.

Dorsey juga menyebut bahwa Twitter tidak akan memaksa pengguna untuk menggunakan nama asli untuk akun mereka. Ia juga menekankan bahwa pihaknya akan memberi penekanan terhadap akun parodi untuk menghindari persepsi bahwa cuitan canda akun ini dianggap sebagai fakta.

Sebagai contoh, akun @dprk_news, seringkali disalah artikan sebagai sumber berita Korea Utara yang dapat dipercaya, demikian disebukan The Verge.

TEKS : TIM  KSOL/CNN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *