Tak lama lagi, Muratara Dilewati Kereta Api, REL segera dibangun

MURATARA  | KSOL – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bekerjasama dengan PT Mega Guna Ganda Semesta (MGGS) akan membangun jalur kereta api Tanjung Enim – Tanjung Api-Api.

Rencana pembangunan ini diketahui setelah diadakan konsultasi publik analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL) terkait rencana pembangunan jalur kereta api tersebut di ruang rapat kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), belum lama ini.

Manager Umum PT MGGS, Dra Ida Hazrah mengatakan, pembangunan jalur kereta api Tanjung Enim – Tanjung Api-Api ini sepanjang 370 kilometer, dan akan melewati 6 kabupaten.

Antara lain, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Muratara.


“Khusus wilayah Kabupaten Muratara, akan dilewati jalur cabang sepanjang 16 kilometer, tepatnya di Desa Belani dan Desa Batu Kucing, Kecamatan Rawas Ilir,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muratara, Alfirmansyah mengatakan, tujuan dilaksanakan konsultasi publik AMDAL ini untuk mengidentifikasi manfaat dan resiko lingkungan yang akan terjadi dalam kegiatan pembangunan jalur kereta api.

Karena dari kegiatan ini diprakirakan menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Setelah diketahui dampaknya, maka akan disusun langkah-langkah untuk meminimalisir dan menanggulangi serta memantau dampak penting yang akan timbul tersebut.

“Tujuan dari konsultasi publik ini juga dalam rangka keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat dalam proses AMDAL terkait rencana pembangunan jalur kereta api ini,” pungkasnya.

TEKS : R AIZULLAH  |  EDITOR  : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *