Bawaslu Lahat Digeruduk pendukung pasangan Dodo – Sutrisno


LAHAT  I  KSOL  — Puluhan masa pendukung pasangan bakal calon Bupati Lahat jalur independen, Dodo Arman-Sutrisno dobrak kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat di Jalan Mayor Ruslan Pasar Baru Lahat, Sabtu (10/03/2018).

Aksi ini dilakuka sebagai bukti perkataan sebelumnya kalau dirinya akan menggelar demo di halaman Bawaslu Lahat. Aksinya dilakukan bersama para pendukung yang notabennya beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), masyarakat dan simpatisan di Kabupaten Lahat.

Demo yang digelar untuk mendesak Bawaslu Lahat agar segera menindaklanjuti laporan mereka sebelumnya. Pasangan ini meminta kepada Bawaslu untuk mengeluarkan surat sengketa atas laporan yang mereka berikan ke Bawaslu beberapa waktu lalu.

Masa yang berjumlah tidak kurang dari 50 orang ini berjalan dari lapangan PJKA menuju kantor Bawaslu guna mendampingi pasangan ini yang telah gagal maju pada Pilkada Lahat 2018-2023.

Dalam orasinya Dodo Arman meminta agar Bawaslu bisa menindak lanjuti laporannya dengan segera. “Kami ingin Bawaslu bisa bekerja maksimal dan bisa menindaklanjuti laporan yang masuk tidak terkecuali laporan kami yang finishingnya ialah keluarnya surat sengketa dari Bawaslu,” jelasnya.


Ketua Bawaslu Lahat melalui Divisi Humas Andra Juarsah menyampaikan kepada pihak Dodo Arman, Panwaslu Kabupaten Lahat telah melakukan upaya atas semua pelaporan yang masuk dari Dodo Arman.

“Terlapor dalam hal ini KPU sudah kita dihadirkan. Kajian sudah diproses tinggal dipleno dan akan diputuskan pada pukul 24.00 WIB, hari ini,” terang nya.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Dodo Arman-Sutrisno gagal maju dalam Pilkada Lahat, setelah KPUD Lahat memutuskan ijazah milik Sutrisno tidak dilegalisir. Selain itu surat keterangan dari pengadilan dari Tatan Niaga dianggap tidak valid, sehingga pasangan ini dinyatakan gugur secara administrasi.

Tidak puas dengan keputusan tersebut, Dodo Arman bersama kuasa hukumnya melaporkan hasil tersebut ke Bawaslu Lahat, agar disengketakan. Namun setelah mereka melapor pada Senin, sebelumnya hingga kemarin, Jumat (9/3/2018) surat sengketa belum juga dikeluarkan oleh Bawaslu Lahat.

Berlatar  belakang permasalahan tersebut, Dodo bersama pendukungnya hari ini, Sabtu (10/03/2018)  menggelar melaksanakan demo di halaman Bawaslu Lahat guna mendesak Bawaslu Lahat segera mengeluarkan surat sengketa.

Sementara Kuasa Hukum Dodo Arman, Zulfikar.SH.MH membenarkan dirinya bersama kliennya sudah melapor ke Bawaslu Lahat terkait permasalahan kliennya  yang batal maju pada Pilkada di Lahat.

“Kita sudah melapor dan kami minta agar Bawaslu Lahat segera mengeluarkan surat sengketa agar bisa kami bawa ke KPUD Lahat,” ungkapnya singkat ketika dihubungi melalui via telpon.

TEKS/FOTO : JUMRA  I  EDITOR  :  T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *