Bersama TNI, Pagaralam wujudkan 1 juta jamban Nasional


PAGARALAM  I  KSOL — Salah satu bentuk realisasi dari program satu juta jamban nasional milik pasukan serdadu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) menyerahkan bantuan jamban kepada warga Dusun Belumai Kelurahan Ulu Rurah Kecamatan Pagaralam Selatan Kota Pagaralam, Kamis (1/3/2018).

Menurut Dandim 0405/Lahat Letkol CZI Srihartono SE melalui Danramil 405-10/Pagaralam Kapt Inf Sudarno, program dimaksud merupakan wujud dari kepedulian TNI AD pada masyarakat. Termasuk pula demi terciptanya suatu lingkungan bersih dan sehat berikut tidak adanya proses buang air di sembarang tempat.

“Ya, kita memberikan bantuan berupa jamban dan semen. Sementara untuk pengerjaannya, kita serahkan kepada masyarakat itu sendiri dan bantuan ini hanya bagi mereka yang belum memiliki jamban,” terangnya.

Sejauh ini kata Sudarno, pihaknya telah merealisasikan bantuan dimaksud sekitar 450 jamban. “Kami terus mencari dan menyalurkan bantuan bagi warga yang belum mempunyai jamban,” ujarnya seraya berharap agar program nasional ini dapat terwujud secara maksimal.

Terpisah, Camat Pagaralam Selatan M Helmi SE MM mengatakan, program yang dicanangkan pihak TNI begitu membantu masyarakat. Termasuk pula mewujudkan program sanitasi bagi masyarakat luas, seiring lajunya program di pemerintah.

“Program ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kesehatan. Jika buang air di sungai tentunya dapat mencemari lingkungan,” jelasnya.

Melalui bantuan ini sambungnya,  setiap satu rumah ada satu jamban sehingga warga tidak perlu menumpang untuk buang air dengan tetangga. “Semoga saja warga yang belum memiliki jamban akan dapat terbantu melalui program satu juta jamban,” ujarnya.

TEKS  / FOTO :  TONI  STEFEN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *