Lima program jadi prioritas pembangunan di Palembang

PALEMBANG  I  KSOL  — Upaya melakukan percepatan pembangunan di Palembang salah satunya dengan merespon masukan dari berbagai kalangan. Termasuk diantaranya uuslan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) kelurahan dan kecamatan.

Masyarakat yang sebelumnya telah menyampaikan usulannya melalui musrenbang kelurahan dan kecamatan, akan dibahas di forum perangkat daerah ini dan akan ditetapkan sebagai program pembangunan Kota Palembang tahun 2019.

Hal itu dikatakan Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib saat memberi sambutan pada kegiatan Forum Perangkat Daerah kota Palembang tahun 2018, di ruang rapat Bappeda, Senin (26/2/2018).

Tujuan digelarnya forum itu menurut Najib untuk  membahas bersama usulan langsung dari masyarakat terkait program pembangunan kota Palembang.

Terkait hal itu, Najib menegaskan agar para kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) harus cerdas dalam menyusun perencanaan pembangunan.

“Kepala OPD harus cerdas dalam menyusun rencana pembangunan, mana yang benar-benar prioritas dan dibutuhkan masyarakat,” Najib

Oleh sebab itu, Najib  mengimbau kepada para kepala OPD agar serius mengikuti agenda itu dan benar-benar menyusun program kerja sesuai dengan kebutuhan prioritas OPD masing-masing.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Harry Hadi mengatakan, ada lima prioritas pembangunan yang telah dicanangkan dalam forum perangkat daerah kali itu.

“Kelima prioritas pembangunan itu diantaranya, Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan, pengembangan kualitas pendidikan dan kesehatan, lalu pemerataan infrastruktur perkotaan, peningkatan nilai ekonomi melalui hilirisasi industri, jasa produksi dan ekonomi kreatif,  peningkatan kualitas lingkungan hidup dan sumber daya air, dan peningkatan pelayanan publik dan supremasi hukum” Kata Harry Hadi.

Harry Hadi menambahkan, forum perangkat daerah ini telah sinkronisasi dengan program kegiatan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan.

“Semua perencanaan pembangunan akan disinkronkan dengan program nasional dan provinsi. Nanti dibagi menjadi beberapa pembahasan, yaitu bidang perencanaan litbang, pembangunan manusia dan masyarakat, bidang perencanaan ekonomi dan sosial budaya,  bidang perencanaan infrastruktur, dan bidang perencanaan pengembangan wilayah,” pungkas Harry Hadi.

Forum yang diikuti seluruh kepala OPD dan Kecamatan Kota Palembang, akan berlangsung hingga tanggal 5 Maret 2018.

TEKS   :  T PAMUNGKAS  I  EDITOR  : SUMARMAN  I FOTO : GOOGLE IMAGE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *