Pemkot Palembang butuh Escavator, saat ini masih pinjam dan sewa

PALEMBANG  I  KSOL  —  Pjs Wali Kota Palembang, Akhmad Najib meminta kepada industri di Kota Palembang untuk ikut dalam upaya pembersihan kota. Hal ini disampaikan terkait dengan masih banyaknya sampah dan lingkungan yang bekum maksimal dibersihkan. Belum lagi pelaksanaan Asian Games 2018 kian dekat.

Oleh sebab itu, Najib berharap agar industri di Palembang ikut mendukungan dalam pengadaan alat berat sebagai sarana untuk membersihan Palembang dari tumpukan sampah.

“Khususnya industri agar memberikan CSR-nya untuk memenuhi kebutuhan alat pengangkut maupun sarana lain untuk mengatasi sampah tersebut,” ujarnya.

Najib  menyebutkan, saat ini Pemkot Palembang memiliki 2 alat berat seperti eksavator. Namun alat itu kondisinya rusak. Sehingga bila melakukan pembersihan Pemkot Palembang terpaksa meminjam, menyewa alat berat tersebut ke pihak terkait.

“Tahun ini kita akan mengadakan satu alat berat baru untuk operasional di TPA Sukawinatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Najib menegaskan, kebersihan Palembang tidak mungkin akan terjaga bila hanya mengandalkan Pemerintah Kota Palembang. Sangat perlu kesadaran masyarakat untuk berpatisipasi, termasuk kalangan industri.

Menurut Najib, dengan luas wilayah mencapai 400 an km2 dan penduduk lebih dari 1,8 juta jiwa, kebersihan Kota Palembang tidak mungkin akan terjaga bila tidak ada partisipasi dan kesadaran masyarakat.

Najib kemudian mengalkulasikan sampah di Palembang yang dihasilkan individu per hari mencapai 0,8 kg. “Kalau dikali 1,8 juta, maka hasilnya sangat banyak. Nah ini kalau hanya mengandalkan pemerintah saja, mustahil akan terjaga,” katanya.

Senada dengan Najib, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal A R menambahkan, saat ini pihaknya hanya mempunyai 1119 pekerja kebersihan kota dengan 80 angkutan sampah layak pakai dari 103 angkutan yang tersedia.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait untuk menambah 60 tenaga kebersihan lagi. Insyallah bulan depan sudah ada rekruitmennya,” tegasnya.

TEKS : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com