Cegah siklus Ulat Grayak, petani Pagaralam lakukan spot stop  

 

PAGARALAM I  KSOL – Petani di Kota Pagaralam, dalam pekan ini diimbau untuk segera melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hama ulat grayak. Sebab  menurut Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Pagaralam, Jumaldi Jani, SP, MM, hama ulat ini sudah menjadi siklus tahunan.

“Siklus ini tiga tahunan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi seperti beberapa tahun silam, ujarnya.

Meskpun, Jumaldi menyatakan, hal ini masih dalam perkiraan. Namun demikian, upaya antisipasi tetap harus menjadi perhatian serius. Sebab jika tidak, hama ini akan berpengaruh pada menurunnya produksi panen. “Apalagi jika tanaman tersebut masih tergolong muda atau berumur kurang dari dua bulan,”  ujarnya, Sabtu (17/2/2018).

Agar serangan hama berkembang, Jumaldi mengatakan pihaknya bersama para petani Pagaralam saat ini giat melaksanakan gerakan spot stop. “Karena jenis penyakit ini cukup berbahaya, makanya harus  cepat diambil tindakan agar tidak menular ke tanaman padi lainnya,” terangnya.

Sementara itu, hama lain yang perlu diwaspadai hama penyakit lainnya seperti keong mas. Menurut Jumaldi, hal ini bisa ditanggulangi dengan cara sederhana. Diantaranya dengan meletakkan daun pepaya, pelepah pisang dan sarang tawon yang dijadikan perangkap di area persawahan.

“Ya, hama-hama itu dengan cepat akan berkumpul di perangkap ini hingga memudahkan untuk membersihkannya di area persawahan,” ujarnya.

Menurutnya,  untuk tanaman masih muda atau berumur di bawah dua bulan, harus memperhatikan petak sawah. Sebab kalau sampai kering, dapat terserang hama kepi, yang mengakibatkan tanaman mati.

Harun, salah satu petani Dusun Meringgang Kelurahan Penjalang Kecamatan Dempo Selatan, mengatakan para petani di kawasan ini terus berupaya menjaga produktifitas panen agar tidak merosot seperti tahun-tahun sebelumnya. “Ya, beberapa tahun terakhir para petani di sini kerap mengalami gagal panen akibat banyak terserang hama penyakit,” ujarnya.

TEKS : TIM REDAKSI KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *