Rencana Pendirian Polres, PALI  siapkan tanah 5 hektar

PALI   I  KSOL –Keinginan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk segera terbentuknya Kepolisian Resort (Polres) PALI sepertinya terbuka lebar.

Sebab,  tim Markas Besar (Mabes) Polri yang diketuai Komisaris Besar Polisi (KBP) Yasdan Rivai M.Hum beserta anggotanya, belum lama ini, (13/2/2018) mendatangi Bumi Serepat Serasan.

Dalam kunjungannya, Tim Mabes Polri melakukan studi kelayakan pembentukan Polres PALI. Sebelum melakukan peninjauan, tim Mabes Polri terlebih dahulu memberikan pengetahuan tentang syarat dan kriteria terbentuknya organisasi Polres.

Menurut Yasdan, syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres adalah adanya pemekaran kabupaten, kebutuhan organisasi polri, perkembangan gangguan kamtibmas, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat dan dukungan pemerintah daerah serta masyarakat.

Syarat lainnya menurut Yasdan memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi ketentuan kewilayahan.

Selain itu ada peraturan perundang-undangan menetapkan pemerintah Kabupaten PALI, terpenuhi kategori nilai, ada dukungan masyarakat serta tersedianya lahan, karena TNI Polri tidak menyiapkan anggaran penyiapan lahan. Untuk hasilnya, saya dirinya tidak bisa mengungkapkan sekarang.

“Namonyo lagi buat kajian, jadi belum bisa menyimpulkan. Namun semuanya memungkinkan untuk bisa terbentuknya Polres PALI,” pungkas perwira melati tiga itu.

Tim Polri mengakui sampai saat ini yang mengajukan pembentukan Polres cukup banyak. Namun semua itu ada kategorinya, yakni prioritas dan non prioritas, dan salah satu prioritas pembentukan Polres adalah Kabupaten PALI, makanya kami datang ke PALI,” ungkap Yasdan.

Namun dijelaskan Kepala Bagian Kelembagaan Polri, setelah mendengar banyaknya keinginan masyarakat untuk segera dibentuk Polres, dirinya akan berupaya sesuai ketentuan.

“Kami akan upayakan sesuai ketentuan, tapi kami tidak bisa tentukan kapan waktunya karena yang menentukan bukan hanya dari Polri tetapi masih ada konstitusi lain yang terlibat. Sebab, kedatangan kami ke sini untuk studi kelayakan secara keseluruhan terkait pembentukan Polres, nantinya kita kaji, kemudian kita laporkan ke Kapolri, selanjutnya akan disampaikan ke MenPAN RB,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati PALI yang menyambut dan mendampingi tim Mabes Polri mengatakan, Pemkab sudah menyiapkan lahan lebih kurang 5 hektare.

“Untuk pembangunan Polres, kami telah siapkan lahan lebih kurang 5 hektar. Dan kami berharap Polres bisa segera berdiri untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Kabupaten PALI,” tukasnya.

TEKS : PALEMBANGPRO.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *