Jumlah kursi DPRD PALI tak ada perubahan, tetap 25

PALI  I  KSOL  – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten PALI mennggelar uji publik dan alokasi kursi DPRD PALI pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Dari hasil uji publik itu, diketahui jumlah kursi legislatif PALI tidak berubah dari jumlah kursi DPRD PALI sekarang yaitu 25 kursi.

Ketua KPUD PALI, H. Hasyim, SE didampingi keempat komisioner lain mengatakan, berdasarkan pasal 192 ayat 1 UU Nomor 7 tahun 2017, jumlah penduduk di Kabupaten PALI dikategorikan pada kelas B (100 – 200 ribu penduduk).

“Atas dasar itulah, maka jumlah kursi DPRD PALI 2019 tetap berjumlah 25. Karena, penduduk PALI saat ini berjumlah lebih kurang 170.497 jiwa,” terangnya.

Sementara untuk jumlah daerah pemilihan (dapil), untuk Kabupaten PALI bisa menjadi tiga dapil sampai dengan lima dapil.

“Itu juga mengacu dalam pasal 192 ayat 1 UU Nomor 7 tahun 2017. Karena jumlah kecamatan di PALI berjumlah lima kecamatan. Sehingga kalau mungkin tiga, ada dapil yang merupakan gabungan dua kecamatan, tergantung jumlah penduduk,” tukasnya.

Dijelaskan pula, dalam peraturan UU tersebut yang menjadi prinsip dasar KPU dalam menetapkan Dapil antara lain, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsionalitas, proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohevisitas, dan kesinambungan.

Dalam uji publik yang digelar di RM Nasional di Simpang Lima Pendopo, hadir sejumlah tokoh masyarakat, diantaranya Ketua DPRD PALI, Drs. H. Soemarjono, Bawaslu, Kapolsek Talang Ubi, serta ke-16 parpol calon peserta pemilu 2019.

TEKS/FOTO : PALEMBANGPRO.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *