Besok, MUI atasi problem UMKM, Gelar Rakernas di Palembang

PALEMBANG I  KSOL – Guna mempercepat dan memperkuat peran Sekaligus mengatasi problematika wirausaha Usaha, Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia, mulai besok Rabu-Jumat (14-16/2/2018) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Horizon Palembang.

Acara akan dibuka dibuka Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin ini akan dihadiri juga, Menteri Koordinator (Menko) Perekenomian Darmin Nasution, Gubemur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dan undangan lainnya.

Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) MUI Azrul Tanjung mengatakan, Rakernas yang yang melibatkan MUI se-Indonesia, Ormas Islam Pusat, kalangan kampus, pesantren, dan Pemda se-Sumsel ini, sebagai salah satu langkah untuk merealisasi atas program redistribusi asset, kemitraan antara pengusaha kecil dan para konglomerat nasional, dengan difasilitasi oleh Pemerintah dan MUI.

Peserta Inkubasi Bisnis Syariah ini UMKM, koperasi, wirausahawan, serta calon wirausahawan yang menjalani proses inkubasi.

Inkubasi Bisnis Syariah menurut Azrul, merupakan suatu proses pembinaan dan pengembangan yang diberikan PINBAS MUI kepada peserta inkubasi.

Azrul menegaskan, PINBAS MUI merupakan suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap peserta inkubasi (tenant), yaitu UMKM dan koperasi.

Sementara itu, Ahmad Faisal, Pengurus Majlis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Muhammadiyah mengatakan, Rakernas PINBAS MUI merupakan upaya MUI untuk mendekatkan pihak pemerintah dan para pengusaha besar, agar dapat bermitra dengan UMKM.

Lain halnya dengan Syafii Latuconsina. Menurut Konsultan Ahli Bidang Pertanian Majlis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah ini, Rakemas PINBAS MUI merupakan amanat dari Kongres Ekonomi Umat (KEU) yang telah diselenggarakan MUI pada 22-24 April 2017 di Jakarta.

Pada KEU tersebut berfokus pada kebangkitan ekonomi umat dengan mengambil tema Arus Baru Ekonomi Indonesia.  Dalam kongres tersebut, Presiden Jokowi memberikan arahan, pembangunan ekonomi umat memerlukan adanya redistribusi asset,  kemitraan, dan vokasional.

Rakemas ini akan menghadirkan nara sumber yang kompeten dalam redistribusi asset dan kemitraan dari pihak Pemerintah. Antara lain Kementerian Koperasi & usaha Kecil dan Menengah (KK-UKM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PIP Kemenko Perekonomian.

Narasumber lain yang juga akan dihadirkan, dari kalangan kampus, diantaranya Institu Pertanian Bogor (IPB Bogor), Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan beberapa narasumber lainnya. Narasumber dari kalangan perbankan, diantaranya menghadirkan praktisi perbankan BRI Syariah dan Bank Sumsel. Sedangkan dari kalangan pengusaha, antara lain dari Gamda Food, PT LEU Mart, dan lainnya.

TEKS : PALEMBANGPRO.COM

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *