Kepala KUA Rupit Muratara angkat bicara tentang agama pada Musrenbang 2018

MURATARA   | KSOL – Tak biasa persoalan agama muncul dalam rapat pemerintahan. Namun kali ini lain lagi yang terjadi di Musi Rawas Utara (Muratara).

Pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (12/2/2018) persoalan agama tiba-tiba muncul mejadi salah satu bahasan.

Kali itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rupit, Muhammad Ali, menyayangkan, setiap digelar Musrenbang sejumlah program pembangunan yang diusulkan dalam Musrenbang tersebut kurang menyentuh sisi keagamaan masyarakat.

“Pembangunan itu tidak hanya terkait infrastruktur fisik saja, namun juga pembangunan sisi akhlak dan moral masyarakat juga harus diperhatikan,” kata M Ali, saat dibincangi Palembangpro.com.

Menurutnya, selama ini dirinya melihat dalam Musrenbang banyak yang mementingkan hal-hal umum, ketimbang memprioritaskan sisi keagamaan. “Saya melihatnya selama ini, sisi keagamaannya tidak seimbang,” katanya.

Padahal kata M Ali, gerakan keagamaan inilah yang akan mendongkrak visi misi bupati dan wakil bupati untuk menjadikan Kabupaten Muratara ini religius dan masyarakatnya berakhlak mulia.

Bagaimana masyarakat akan berakhlak mulia, jika pendidikan agama kurang diperhatikan. Seperti Taman Pengajian Al-Quran, M Ali berharap supaya dihidupkan kembali di setiap desa.

“Apalagi sekarang ini sudah mulai pudar anak-anak yang pergi mengaji sore-sore. Ini kan miris, kita harus bangkitkan kembali budaya itu,” harapnya.

Pembangunan keagamaan, menjadi kunci untuk menyentuh aspek spiritual masyarakat. Misalnya dengan cara mendorong perkembangan lembaga pendidikan agama dan memberdayakan masyarakat dalam membina aspek spiritual mereka sendiri.

Alokasi anggaran bagi guru ngaji misalnya, menjadi sangat penting agar pendidikan agama dan keagamaan bisa semakin maju. Begitu pula santrinya, juga harus diberi semangat, agar mereka antusias untuk mempelajari ilmu agama.

Acara yang berlangsung di gedung pertemuan kantor Camat Rupit ini, dihadiri sejumlah instansi, dan unsur pemerintah lainnya.

TEKS/FOTO :  PALEMBANGPRO.COM    




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *