Parpol Baru di PALI Lulus Verifikasi Faktual

PALI | KSOL – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten PALI memutuskan 16 partai politik lulus verifikasi factual. Hal ini terungkap pada rapat pleno terbuka mengenai Rekapitulasi Hasil Penelitian Administrasi Verifikasi Faktual Kepengurusan, Keterwakilan Perempuan, Domisili Kantor dan Keanggotaan Parpol calon peserta Pemilu 2019, Rabu (7/2/2018) di aula Lapangan Golf Pertamina Pendopo.

Dari 16 parpol yang dinyatakan lulus, 4 diantaranya merupakan parpol baru, yakni Partai Garuda, Perindo, Partai Berkarya dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kendati sudah dinyatakan lulus verifikasi faktual, pihaknya tetap belum bisa memastikan ke-16 parpol lolos menjadi parpol peserta Pemilu 2019.

“Karena, ranah penetapan parpol peserta Pemilu 2019 di tangan KPU RI. Kita disini hanya melaksanakan hasil dari verifikasi faktual parpol diantaranya penelitian administrasi, verifikasi kepengurusan, domisili kantor, keanggotaan parpol. Dan memberikan status memenuhi syarat (ms) atau tidak memenuhi syarat (tms),” jelas H. Hasyim, SE, Ketua KPUD PALI saat dibincangi sejumlah media usai rapat pleno terbuka.

Hasyim menjelaskan, setelah melalui tahapan ini, nantinya hasil dari rekapitulasi penelitian administrasi parpol tersebut akan disampaikan ke KPUD Provinsi Sumsel dilanjutkan ke KPU RI.

“Tangal 9 s.d 10 februari nanti diserahkan ke KPUD Provinsi Sumsel. Untuk langkah selanjutnya dari jadwal KPUD Provinsi itu sendiri. Sementara, tentunya KPU RI akan menghimpun seluruh hasil rekapitulasi dari KPUD di daerah,” tambah dosen di salah satu universitas di Sumatera Selatan itu.

“Ini merupakan tahap terakhir setelah KPUD PALI melaksanakan verifikasi faktual ke parpol. Semoga 16 parpol yang lulus verifikasi faktual ini nantinya bisa ditetapkan menjadi parpol peserta Pemilu 2019 dan berkompetisi yang sehat serta menjaga kondusifitas di lingkungan masyarakat Kabupaten PALI ketika Pemilu 2019,” tandasnya.

Sementara itu, Juwarni sekretaris (Gerakan Pemuda) Garda Nasdem kabupaten PALI mengucap syukur partainya lulus verifikasi faktual di KPUD PALI.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas lulusnya partai Nasdem PALI dalam tahapan verifikasi faktual. Kita berharap, partai nasdem bisa lolos dan menjadi peserta Pemilu 2019. Karena dengan begitu, partai nasdem bertekad untuk menampung aspirasi masyarakat dari seluruh kalangan dan merealisasikannya sehingga terwujud masyarakat PALI yang sejahtera,” tukasnya.

TEKS/FOTO : PALEMBANGPRO.COM 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *