KOLOM YUDISIAL edisi Januari 2018

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan. atau melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id. Respon akan dimuat setiap 3 pekan.

——————————————————————————————-

Pertanyaan Masyarakat:

  1. KY saya mau menyampaikan pelanggaran kode etik hakim dalam waktu dekat, apakah perlu diberi lampiran atau data pendukung.

Pengirim : Siti H di Palembang. Siti55@gmail.com.

 Respon:

Saudari Siti, bukti pendukung merupakan alat penguat laporan guna membuktikan kebenaran laporan yang disampaikan. Laporan masyarakat yang tidak memberikan data pendukung akan disurati langsung oleh KY agar segera mengirimkan data pendukung tersebut. KY memberikan kemudahan untuk mengirimkan bukti pendukung tersebut melalui email PKY Sumsel penghubungky@gmail.com. Terima kasih.

  1. Masyarakat Sumsel mengharapkan Komisi Yudisial ada cabang di daerah, mohon diperhatikan oleh KY. Terima kasih.

Pengirim : Satriawan di Makarti Jaya. Satr_wan@yahoo.com

 Respon:

KY turut menginginkan ada cabang di semua daerah, namun anggaran negara belum dapat mengcover keinginan tersebut. Oleh karena itu diharapkan apabila saudara menemukan pelanggaran KEPPH di daerah saudara dapat berkoordinasi dengan PKY Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

  1. PKY saya bermaksud menyampaikan pelanggaran hakim, mohon petunjuk.

Pengirim : Sinta di Palembang. Sin_ta@yahoo.co.id

Respon:

Jika memang menemukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim, kami tekankan untuk didokumentasikan agar dapat menjadi bukti penunjang, dan segera komunikasikan dengan kami di kontak 0711-5734945 atau melalui email penghubungky@gmail.com. Kami akan telusuri dan sampaikan ke bagian investigasi KY untuk ditindaklanjuti. Terima kasih dan kami harap saudara  terus menjadi mitra kami dalam mengawal peradilan, khusnya etika dan perilaku hakim di dalam dan luar dinas. Terima kasih.

  1. Saya pernah berperkara di salah satu pengadilan di Palembang dan telah diputus majelis. Namun terdapat keanehan dalam putusan tersebut sehingga saya bermaksud menyampaikan laporan terkait putusan itu kepada KY. Mohon informasi.

Pengirim : Sila Datu di Pangkalan Balai. Situ99@gmail.com

Respon:

Saudara Sila Datu keinginan saudara yang berniat melaporkan putusan majelis salah satu pengadilan di Palembang silahkan datang langsung ke kantor PKY Sumsel di Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) untuk kami lakukan penggalian informasi secara mendalam. Untuk efisiensi, sebaiknya saudara siapkan pula syarat formil (KTP/SIM/Paspor), dan syarat materiil (fotokopi salinan resmi putusan/penetapan yang dilaporkan yakni mengikuti tingkat peradilan, seperti tingkat pertama, banding, kasasi dan PK, disertai video, audio visual, rekaman persidangan, foto, dan kliping koran bila ada. Terima kasih.

  1. KY minta informasi prosedur melaporkan hakim pelanggar kode etik?. Terima kasih.

Pengirim : Susi di Banyuasin. Susi.islamia@yahoo.com

Respon:

Saudari susi perlu kamu jelaskan bahwa UU Komisi Yudisial Nomor 18 Tahun 2011 menegaskan wewenang dan tugas KY hanya menjaga dan mengawasi etika dan perilaku hakim. Silahkan saja disampaikan laporannya untuk kami telusuri secara mendalam, apakah ada keterkaitan hakim di dalamnya ataukah murni perilaku panitera tersebut. Kami tunggu kehadirannya di kantor milik kita bersama di Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya).

  1. Saya perwakilan masyarakat petani yang sedang berperkara dengan Perusahaan di OKI bermaksud meminta bantuan KY melakukan pemantauan siding. Mohon info. Terima kasih.

Pengirim : Sakroni di Kayuagung. ronisangagrari@gmail.com

Respon:

Prosedur permintaan pemantauan sidang oleh masyarakat ke KYRI sangat mudah, silahkan menyiapkan syarat administratif (identitas pelapor beserta alamat surat, alamat email, nomor hp/faximile, lalu nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, identitas para pihak yang berperkara, kronologis singkat perkara) dan syarat substanstif (uraian mengenai alasan diperlukannya pemantauan). Kami harapkan untuk segera datang ke kantor PKY Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0711-5734945 (Gedung Baznas Blok Dkiri, Depan Kodam II Sriwijaya).**




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *